BeritaFilmHiburanPendidikan

Totto-chan Difilmkan, Ceritakan Kehidupan Anak-anak yang Bahagia di Sekolah Tanpa Diskriminasi

138
×

Totto-chan Difilmkan, Ceritakan Kehidupan Anak-anak yang Bahagia di Sekolah Tanpa Diskriminasi

Sebarkan artikel ini
Totto-chan: Little Girl at the Window diputar di bioskop Indonesia awal Mei 2024. (Foto: Instagram @tottochan_movie)
Bagikan:

FILM | TD – Para penggemar novel “Totto-chan: Gadis Cilik di Jendela” dapat bergembira karena karya Tetsuko Kuroyanagi ini telah diangkat menjadi sebuah film.

Totto-chan: the Little Girl at the Window” sebenarnya telah diproduksi tahun 2023 oleh Shin-Ei Animation, produser film animasi Jepang dan tayang pada bulan Desember. Sedang di Indonesia, film inspiratif tersebut baru ditayangkan awal Mei 2024 di Cinepolis.

Film yang disutradarai Shinnosuke Yakuwa tersebut menggambarkan kehidupan Totto-chan, seorang gadis kecil berusia 7 tahun di Jepang yang dikeluarkan dari sekolahnya karena memiliki ekspresi unik tentang berbagai hal yang berlainan dari teman-teman sebayanya. Ia diceritakan tidak pernah dapat diam sehingga mengganggu para gurunya dalam mengajar.

Akhirnya, Totto-chan pun berpindah ke sekolah yang unik. Kisah-kisah inspiratif justru lahir dari sekolahnya yang berbentuk gerbong kereta api dan kepala sekolahnya yang sangat sayang kepada anak-anak.

Dalam film tersebut, latar cerita yang diambil dari masa Perang Dunia II pun menampilkan bagaimana sudut pandang anak-anak yang unik dalam melihat peristiwa-peristiwa yang terjadi.

Hal lain yang sangat mengesankan dan dapat dilihat dalam film Totto-chan: Little Girl at the Window adalah penerimaan bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus dalam lingkungan pendidikan yang ideal.

Dalam sekolah ideal, digambarkan sebagai Tomoe Gakuen, yakni sekolah gerbong kereta tempat Totto-chan belajar, terdapat guru-guru yang selalu ramah dengan para murid, memberikan kesempatan untuk memilih pelajaran yang mereka sukai, kepala sekolah yang siap untuk mendengarkan cerita murid hingga selesai, dan menu makan siang yang enak dan bergizi.

Di Tomoe Gakuen, juga tidak ada diskriminasi dan persaingan untuk para murid. Semuanya memiliki kesempatan yang sama meski dengan kemampuan yang berbeda. Sehingga setiap murid menghabiskan waktu dengan gembira setiap kali berada di sekolah. (Pat)

 

Bagikan: