KABUPATEN TANGERANG | TD — Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja (Perumdam TKR) Kabupaten Tangerang kembali meraih peringkat pertama dari 380 lebih perusahaan serupa di Indonesia tahun 2021 ini.
Prestasi perusahaan Pemerintah Kabupaten Tangerang yang memiliki sejarah awal berdiri sejak era kolonial tahun 1923 dengan nama Water Leideng Bedryf itu berdasarkan penilaian kinerja oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Cipta Karya Direktorat Air Minum untuk tahun 2020.
Perumdam TKR yang sejak Juli 2020 dinakhodai Sofyan Safar sebagai Direktur Utama meraih nilai berkinerja sehat dengan skor 4,28, atau naik satu poin dari tahun sebelumnya.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Tangerang dan Dewan Pengawas, juga kepada masyarakat Kabupaten Tangerang atas dukungannya sehingga Perumdam Tirta Kerta Raharja kembali menjadi yang terbaik di Indonesia,” ungkap Sofyan Safar kepada wartawan, Jumat (26/2/2021).
Prestasi Perumdam TKR Kabupaten Tangerang lima tahun terakhir. (Foto: Mohamad Romli/TangerangDaily)
Sofyan yang mengusung visi menjadikan Perumdam TKR sebagai perusahaan yang unggul di Indonesia telah menyiapkan berbagai terobosan untuk menjawab tantangan pelayanan di saat pandemi covid-19 dan di era digital ini.
Sebuah aplikasi untuk melayani pendaftaran pelanggan baru, informasi tagihan, grafik pemakaian air, laporan pengaduan, laporan pemakaian air secara mandiri oleh pelanggan, serta pembayaran secara daring (online) sudah dapat diunduh di Play Store untuk pengguna Android dan di App Store untuk pengguna IOS.
Fitur aplikasi Simpel (Sistem Informasi Pelayaan Pelanggan Online) TKR Kabupaten Tangerang. (Foto: Mohamad Romli/TangerangDaily)
Aplikasi Simpel TKR (Sistem Informasi Pelayaan Pelanggan Online) tersebut kini telah diunduh 20.329 dari total 181.105 pelanggan, dan telah digunakan 17.232 pelanggan untuk melaporkan secara mandiri pemakaian air, serta menerima dan menyelesaikan 1.632 pengaduan pelanggan secara cepat.
“Inovasi ini sangat penting, karena di era pandemi covid-19 ini ada peraturan untuk perusahaan harus melakukan social distancing ,” kata Sofyan.
Sofyan berharap, aplikasi Simpel TKR benar-benar dimanfaatkan oleh pelanggan untuk meningkatkan kualitas pelayanan Perumdam TKR.
Kemudian, inovasi lain yang siap diujicobakan yaitu penggunaan teknologi digital smart metering(meteran air digital). Digitalisasi ini mulai dari sistem pemakaian dan pembayaran air ( billing ) secara terintegrasi, pelaporan angka meter secara langsung (online), basis data yang terpusat, hingga manajemen pengelolaan air.
“Ke depan, digitalisasi ini sangat penting, terutama di masa pandemi ini,” katanya.