BeritaTangerang Selatan

Anggarkan Rp6 Miliar, Diskominfo Tangsel Fasilitasi PKBM Internet Gratis

40
×

Anggarkan Rp6 Miliar, Diskominfo Tangsel Fasilitasi PKBM Internet Gratis

Sebarkan artikel ini
Kepala Diskominfo Kota Tangsel Tb Asep Nurdin saat diwawancarai wartawan, Rabu, 10 Juli 2024. (Foto : Istimewa)
Bagikan:

KOTA TANGSEL | TD — Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Komunikasi dan informatika (Diskominfo) menganggarkan Rp6 miliar untuk memfasilitasi internet gratis di tempat Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) se-Tangsel.

Kepala Diskominfo Tangsel, Tb Asep Nurdin, mengatakan, saat ini setidaknya terdapat 58 PKBM di Tangsel. PKBM yang ingin menerima program tersebut, kata dia, diminta segera mengajukan ke Diskominfo Tangsel.

“Pengelola PKBM mengusulkan dengan menuliskan nama dan alamat harus detail dan lengkap. Sifatnya pengajuan dulu, kalau kami langsung pasang, khawatir dengan ternyata tidak dibutuhkan,” ucapnya, Selasa, 9 Juli 2024.

Dijelaskannya, internet gratis tersebut memiliki kecepatan sebesar 20/Mbps, dan tahun 2025 akan ditingkatkan menjadi 50/Mbps. Dengan fasilitas itu, dia berharap memudahkan PKBM dalam kegiatan sehari-harinya.

“Harapan kami, PKBM terus meningkat akses digital, kami berikan fasilitas sehingga PKBMnya jadi naik kelas.

Selain itu, dia juga menjamin keamanan pengguna ketika menggunakan internet gratis tersebut. Apalagi teknis penggunaan tidak diminta memasukan nama apalagi Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Tidak ada data pribadi seperti alamat atau NIK dan sebagainya, pasti ikhtiarnya ya aman,” ujarnya.

Selanjutnya, selain PKBM, Diskominfo Tangsel juga telah memasang 1.063 titik internet gratis di berbagai ruang publik, mulai dari Taman Bermain, Taman Baca, Taman Kota, Sarana Ibadah, Balai Warga, Sarana Olahraga, Posyandu dan tempat berkumpul lainnya.

“Untuk tahun depan (2025-red.) kita menargetkan 2.500 titik akan terpasang internet gratis,” tutupnya. (Idris Ibrahim/Red)

Bagikan: