Sinar Mas Land Percepat Transformasi Digital Perusahaan dengan Memanfaatkan AI & IoT

waktu baca 4 menit
Rabu, 18 Des 2024 08:43 0 39 Redaksi

TANGERANG | TD — Teknologi kecerdasan buatan (AI) telah mengubah landscape industri properti di Indonesia dengan memperkenalkan berbagai inovasi yang mendukung operasional dan proses bisnis. Sinar Mas Land berkomitmen untuk terus berinovasi melalui penerapan AI dan Internet of Things (IoT) demi meningkatkan kualitas produk, manajemen properti, serta kepuasan pelanggan. Dalam acara Tech Media Workshop bertajuk Go Beyond Property: Embracing Emerging Tech in Property Business yang berlangsung pada 3 Desember 2024 di Digital Hub, BSD City, Sinar Mas Land menegaskan posisinya sebagai pionir transformasi digital di sektor properti.

Acara ini diisi dengan pembicara-pembicara kunci seperti Mulyawan Gani (Chief Transformation & Data Officer Sinar Mas Land), Irvan Yasni (CEO Technology Advisory and Business Sinar Mas Land), dan Stefanus Mulianto (Chief Information Officer Sinar Mas Land). Dalam workshop ini, Sinar Mas Land menjelaskan visi strategisnya untuk membentuk masa depan industri properti melalui adopsi teknologi canggih dalam rangka meningkatkan kepuasan konsumen.

Chief Transformation & Data Officer Sinar Mas Land, Mulyawan Gani, menyampaikan, “Kami sedang mengembangkan integrated smart city dengan memanfaatkan potensi dari artificial intelligence (AI). Kehadiran AI memberikan keuntungan strategis dalam bisnis, meningkatkan pengalaman pelanggan, serta memperbaiki manajemen operasional. Kami telah menerapkan Optical Character Recognition (OCR) yang terintegrasi dengan ChatGPT, yang mampu menginterpretasikan gambar kompleks menjadi teks dengan akurat,” terangnya dalam keterangan tertulis dikutip Rabu, 18 Desember 2024.

“Ini menyederhanakan pengolahan dokumen dan meningkatkan efisiensi melalui otomatisasi ekstraksi data. Kami juga memanfaatkan kecerdasan buatan untuk meningkatkan komunikasi customer service, di mana percakapan yang diterima secara otomatis dikelompokkan berdasarkan prioritas. Hal ini akan meningkatkan efisiensi respons dan kepuasan pelanggan. Di masa depan, kami berencana untuk mengembangkan AI Chatbot Generatif di situs web eCatalog agar konsumen dapat dengan mudah menemukan produk properti yang mereka inginkan,” sambungnya.

Stefanus Mulianto, Chief Information Officer Sinar Mas Land, menambahkan, “Sinar Mas Land selalu menempatkan transformasi digital sebagai prioritas dalam pengembangan setiap area township, dengan fokus pada peningkatan infrastruktur dan keamanan digital. Kami juga menyediakan berbagai aplikasi dan sistem digital seperti OneSmile, RisewithSAP, dan Outsystem yang dapat memperkuat keterlibatan serta kepuasan konsumen. Tujuan utama dari investasi dalam pengembangan teknologi ini adalah untuk meningkatkan pengalaman konsumen dan produktivitas. Dengan teknologi yang dapat mempercepat tugas rutin, tim kami memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada analisis dan inovasi.”

CEO Technology Advisory and Business Sinar Mas Land, Irvan Yasni, juga menyatakan, “Pengembangan BSD City sebagai smart city mencerminkan komitmen kami untuk menghadirkan solusi perkotaan yang inovatif dan berkelanjutan. Dengan memanfaatkan teknologi seperti IoT, Digital Twin, AI, dan analitik data, BSD City dirancang untuk menawarkan kenyamanan, efisiensi, dan kualitas hidup yang lebih baik bagi warganya maupun para pengunjung. Kami juga memaksimalkan penggunaan kecerdasan buatan untuk mengembangkan integrated smart city dengan mengoptimalkan manajemen lalu lintas, sistem keamanan pintar, dan sistem bangunan pintar.”

Sinar Mas Land juga menjalin kerja sama dengan Microsoft untuk merealisasikan konsep smart cities di BSD City. Implementasi kolaborasi ini mencakup pengembangan fondasi digital yang modern dan aman dengan memanfaatkan keamanan infrastruktur, data lake, dan analisis sentimen. Selain itu, kerja sama ini juga mencakup modernisasi aplikasi yang meliputi citizen genome, citizen experience, dan operational excellence, yang bertujuan untuk melayani kebutuhan konsumen dengan lebih baik. BSD City memanfaatkan teknologi dari Microsoft untuk pengendalian lalu lintas dan keamanan, pemantauan drainase guna mengantisipasi meningkatnya debit air dalam waduk, serta teknologi keamanan lapangan untuk melindungi akses data di lokasi.

Sejak tahun 2016, Sinar Mas Land melalui BSD City telah melakukan transformasi digital pada industri properti dengan menyediakan pelayanan dan produk terbaik bagi masyarakat. Perusahaan telah mengembangkan kawasan berbasis digital seluas 26 hektare yang dikenal sebagai Digital Hub di BSD City, yang menjadi pusat bagi komunitas, institusi pendidikan, startup, hingga perusahaan multinasional di bidang teknologi dan digital. Dari sisi infrastruktur, perusahaan telah menerapkan penyediaan jaringan fiber optic, pemantauan lalu lintas melalui pusat kendali lalu lintas, serta kemudahan mobilitas masyarakat dari dan menuju BSD City dengan menyediakan sistem transportasi publik yang terintegrasi. (*)

LAINNYA