hpn2024
BeritaHiburanWisata

7 Tempat Wisata Eksotis di Yogya untuk Mengisi Libur Lebaranmu

89
×

7 Tempat Wisata Eksotis di Yogya untuk Mengisi Libur Lebaranmu

Sebarkan artikel ini
Cave Tubing Kalisuci, atau perjalanan menyusuri sungai bawah tanah dari 5 goa di Gunung Kidul, merupakan satu dari 7 tempat wisata paling eksotis di Yogya. (Foto: Instagram @mahidhara_kencana)
Bagikan:

WISATA | TD – Jika kamu berencana menghabiskan libur Lebaran di Yogya, dan sudah mengunjungi 7 Destinasi Wisata Istimewa di Yogya, tetapi ternyata masih ada sisa waktu, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat yang eksotis di bawah ini.

1. Taman Sari Keraton Ngayogyakarta

Taman yang merupakan bagian dalam keraton yang dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I ini sebenarnya dibangun seluas 10 hektar.

Kompleks yang dapat dilihat di Taman Sari saat ini hanyalah sebagian kecil, sisa dari serangan Inggris pada tahun 1812. Kompleks yang tersisa ini terdiri dari tempat pemandian para istri dan putri raja, sumur gumuling yang merupakan masjid raja, aula, dan lorong bawah tanah.

Meskipun hanya sisa-sisa, tetapi keindahan bangunan yang dahulu dijuluki Fragrant Garden tersebut tidak lekang oleh waktu.

Untuk menikmati kompleks bersejarah nan elok ini, persiapkanlah fisik agar kuat berjalan kaki, karena destinasi satu ini cukup luas.

2. Pasar Ngasem

Mengunjungi Taman Sari, rasanya tidak lengkap bila tak mampir ke Pasar Ngasem. Setelah berlelah-lelah berjalan kaki menyusuri kompleks Taman Sari, kamu bisa mengistirahatkan kaki sambil mencicipi kuliner khas Yogya di Pasar Ngasem.

Beberapa kuliner yang tersedia di Pasar Ngasem yaitu bakmi jawa ngasem, brongkos, soto ayam kampung, bubur krecek, apem beras, dan jenang gempol.

3. Tebing Breksi

Area bekas penambangan batu kapur yang terletak di selatan Prambanan ini memiliki keindahan yang layak diacungi jempol. Kreativitas warga setempat dalam mengukir relief dan patung dari cerita pewayangan di dinding tebing yang tinggi memukau para pengunjung sehingga dinobatkan sebagai Tempat Wisata Baru Terpopuler 2017.

Di Tebing Breksi juga terdapat amphiteater dan pelataran Tlatar Seneng yang dapat digunakan pengunjung untuk bercengkerama atau untuk menggelar event.

Tebing Breksi terletak tidak jauh dari area perbukitan Candi Ratu Boko. Dan, karena jalan yang sangat menanjak menuju destinasi ini, pastikan kendaraan yang kamu gunakan kuat serta masih pakem remnya.

4. Wisata Gunung Merapi

Cara paling mudah menikmati keindahan gunung yang masih aktif ini adalah dengan menaiki jeep lava. Dengannya, kamu bisa mengunjungi setiap titik wisata yang menarik dari Gunung Merapi.

Namun, bila tidak ingin menggunakan jeep lava, kamu bisa memilih destinasi-destinasi yang kamu kunjungi sendirian. Seperti Museum Gunung Merapi, Kali Kuning, Kali Adem, Bunker Kali Adem, dan Goa Jepang di Kawasan Wisata Telaga Putri.

Di destinasi-destinasi tersebut kamu akan memahami bagaimana Gunung Merapi bekerja dan apa saja yang telah terjadi ketika ia meluapkan laharnya.

5. Berbagai Pantai di Gunung Kidul

Banyak sekali destinasi pantai yang masih alami dan sangat indah di Gunung Kidul. Kamu bisa mencapainya, baik dengan mengikuti agen tour, menyewa mobil, atau berpetualang mengendarai motor.

Perjalanan menuju rangkaian pantai di Gunung Kidul akan terasa lebih menantang jika kamu suka mengendarai motor. Kelokan yang tajam dengan jurang di tepinya, jalan menanjak dan berliku, bisa jadi pemicu adrenaline yang kamu sukai.

Beberapa pantai di Gunung Kidul yang terkenal adalah Pantai Baron, Krakal, Drini, dan Indrayanti. Sedangkan pantai-pantai yang baru ditemukan akan memberikan pengalaman yang tidak kalah eksotisnya.

6. Cave Tubing Kalisuci

Goa Kalisuci merupakan salah satu wisata alam yang terdapat di Kawasan Karst Gunungsewu di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Kamu bisa menyusuri sungai-sungai bawah tanah yang berarung jeram dengan level yang rendah dan aman menggunakan ban dan rompi pelampung. Dalam cave tubing Kalisuci, kamu bisa mengunjungi 5 goa sekaligus, yakni Goa Suci, Goa Glatikan, Goa Gelung, Goa Brubug, dan Goa Mburi Omah.

Kabarnya, spot cave tubing kalisuci ini merupakan yang terbaik di dunia, selain New Zealand dan Mexico.

7. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung api purba yang terletak di Desa Nglanggeran, Gunung Kidul, ini sebenarnya merupakan sumber dari terbentuknya batuan kapur di Tebing Breksi.

Menjelajahi situs gunung api purba Nglanggeran merupakan perjalanan memahami sejarah, seni, sekaligus keindahan alam yang memukau. Termasuk adanya beberapa air terjun.

Di sini, kamu bisa berkemah dan menikmati matahari terbit dan tenggelam yang sangat indah nuansanya.

Demikian 7 tempat wisata yang eksotis di Yogya untuk mengisi libur Lebaranmu. (Pat)

 

Bagikan: