hpn2024
BeritaDuniaPolitik

Retno Marsudi Tegaskan Dukungan Indonesia Atas Palestina Pada Debat New York

155
×

Retno Marsudi Tegaskan Dukungan Indonesia Atas Palestina Pada Debat New York

Sebarkan artikel ini
Retno Marsudi hadiri debat New York untuk dorong keadilan demi Palestina. (Foto: instagram @retno_marsudi)
Bagikan:

POLITIK | TD – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan ketiga kalinya mengenai komitmen Indonesia untuk mendukung kemerdekaan Palestina dalam pertemuan debat antar menteri luar negeri tanggal 23 Januari 2024 di New York, AS.

Isi pembicaraan tersebut diungkapkan dalam unggahan instagram @retno_marsudi pada 24 januari 2024.

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh negara-negara anggota Dewan Keamanan PBB tersebut, Retno Marsudi menyerukan kembali tiga hal.

Pertama, mengenai pentingnya gencatan senjata Palestina-Israel. Hal ini bertujuan menghentikan jatuhnya kembali korban di antar kedua belah pihak, dan merupakan langkah awal perdamaian.

Kedua, mendorong keanggotan penuh Palestina dalam PBB.

Ketiga, menghentikan aliran persenjataan yang masuk ke Israel.

Retno Marsudi juga menegaskan bahwa Israel harus bertanggung jawab atas penjajahan sekaligus pembunuhan warga Palestina. Terbantainya puluhan ribu rakyat Palestina sudah termasuk dalam tindakan genosida yang dirancangkan oleh Israel.

Tak ketinggalan, Retno Marsudi juga membahas bantuan kemanusiaan yang harus disalurkan ke Gaza dalam diskusi bersama Palestina, Austria, Yordania, dan Presiden ICRC.

Retno Marsudi mengatakan usaha Indonesia tidak akan berhenti hingga Palestina mendapatkan kembali martabatnya dan keadilan atas situasi yang terjadi selama ini. (Pat)

Bagikan: