BeritaEkbis

OpenIn Jalin Kerja Sama dengan Telkomsel, Inisiasi Era Baru Layanan Location Intelligence untuk Bisnis di Indonesia

84
×

OpenIn Jalin Kerja Sama dengan Telkomsel, Inisiasi Era Baru Layanan Location Intelligence untuk Bisnis di Indonesia

Sebarkan artikel ini
(Kiri-kanan): Arman Masagung (CEO & Co-Founder OpenIn), Diko Aldillah Patiwiri (General Manager Data Solutions, Insight as a Service, Telkomsel MSIGHT), Pradana Dyaksa (CPO & Co-Founder OpenIn), dan Bayu Seto (Partner of Living Lab Ventures) secara simbolis menandatangani kemitraan strategis antara OpenIn (New Ventures Program of LLV) dengan Telkomsel MSIGHT di Living Lab Ventures, Green Office Park (GOP) 9, BSD City. (Foto : Istimewa
Bagikan:

TANGERANG | TD — Dalam langkah inovatif untuk ekosistem bisnis Indonesia, OpenIn, pelopor dalam layanan location intelligence, mengumumkan kolaborasi strategis dengan Telkomsel, penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia.

Kemitraan ini ditujukan untuk mengubah pendekatan bisnis dalam memanfaatkan insight geospasial, menawarkan insight yang bernilai khususnya bagi industri ritel, periklanan, dan pengembangan real estate.

Arman Masagung selaku CEO & Co-founder of OpenIn mengatakan, informasi lokasi berperan sangat penting bagi pebisnis untuk dapat secara akurat menentukan lokasi usaha yang tepat sesuai dengan target pasar mereka. “OpenIn bisa memberikan data pengunjung dan demografi di titik lokasi, di mana pun di Indonesia secara akurat,” ujarnya dikutip Rabu, 22 Mei 2024.

Kerja sama ini memperkenalkan metodologi baru dalam analisis insight lokasi. Dengan memanfaatkan teknologi analitik dan kecerdasan buatan terdepan, OpenIn dapat menyajikan analisis mobilitas yang detail, mencakup traffic pejalan kaki, informasi demografis seperti Usia dan Jenis Kelamin, dan tingkat Status Sosial-Ekonomi (SES) untuk setiap lokasi di seluruh Indonesia. Informasi ini menjadi kunci bagi bisnis yang bertujuan untuk mengoptimalkan kehadiran fisik mereka dan menyelaraskan dengan tepat keberadaan target pasar mereka.

Alfian Manullang, VP Data Solutions and Digital Financial Services Telkomsel mengatakan, dengan dukungan teknologi konektivitas broadband digital terdepan dan basis pengguna seluler terbesar di Indonesia, Telkomsel percaya bahwa pasti ada solusi untuk setiap kebutuhan bisnis dengan portofolio lengkap layanan digital Telkomsel.

Solusi Mobility Insight dari Telkomsel Enterprise, kata Alfian, berfokus pada analisis pergerakan dan kepadatan manusia, memanfaatkan kapabilitas pengolahan dan analisis telco insight.

“Kerja sama dengan OpenIn dapat menghadirkan telco insight yang akurat, spesifik, dan valid untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengembangan kebijakan yang efektif, sejalan dengan misi Telkomsel menyediakan konektivitas, solusi, dan layanan yang inovatif serta unggul bagi semua orang, setiap rumah, hingga kegiatan usaha untuk membuka semua peluang transformasi dan akselerasi pertumbuhan ekonomi,” terangnya.

Salah satu keunggulan OpenIn adalah sistem rekomendasi berbasis Artificial Intelligence (AI), yang dirancang untuk mengidentifikasi dan merekomendasikan peluang ekspansi bisnis yang paling menguntungkan. Melalui analisis komprehensif terhadap insight lokasi, OpenIn membantu bisnis memaksimalkan keuntungan dengan menempatkan mereka di lokasi strategis dimana pasar target mereka berada. Pendekatan ini membuka lembaran baru dalam keakuratan strategi pemasaran dan pengembangan bisnis.

Dukungan terhadap OpenIn datang melalui New Ventures Program dari Living Lab Ventures (LLV), sebuah program akselerasi startup yang dibangun atas dukungan keahlian, layanan, dan ekosistem milik Sinar Mas Land. Melalui program ini, OpenIn dapat mengakses sumber daya yang diperlukan untuk meningkatkan potensi bisnis dan dampaknya dalam industri. Dengan demikian, partisipasi OpenIn dalam program ini pun menegaskan potensinya sebagai pemimpin dan inovator di sektor location intelligence.

Bayu Seto, Partner of Living Lab Ventures menyampaikan, pihaknya sangat senang dapat menyaksikan kolaborasi antara OpenIn dan Telkomsel dalam pemanfaatan solusi MSIGHT. Kerja sama ini menurutnya menandakan konvergensi inovasi dan keahlian industri untuk mendorong pertumbuhan dalam lanskap bisnis di Indonesia.

“Melalui New Ventures Program, LLV telah menyaksikan dedikasi OpenIn dalam memanfaatkan layanan location intelligence untuk hasil transformasional, dan kemitraan strategis ini menjadi bukti nyata potensi mereka untuk merevolusikan kegiatan bisnis dengan menggunakan data geospasial,” kata Bayu.

Di tengah lonjakan ketersediaan data lokasi, yang dipicu oleh penggunaan intensif perangkat Internet of Things (IoT), smartphone, dan sumber digital lainnya, OpenIn aktif menggalang dana. Tujuan strategis ini untuk memanfaatkan ketersediaan informasi yang berlimpah dan mengubahnya menjadi insight yang dapat memperkuat strategi optimisasi penjualan dan pertumbuhan bisnis.

Arman Masagung selaku CEO & Co-founder of OpenIn menambahkan, dengan adanya kemitraan ini, OpenIn bersama-sama dengan Telkomsel Enterprise dan solusi MSIGHT-nya diharapkan dapat menjangkau lebih banyak usaha bisnis. “Tidak hanya untuk usaha besar tetapi usaha kecil atau menengah diharapkan juga dapat memanfaatkan layanan data lokasi yang kami tawarkan sebagai acuan dalam penentuan lokasi usaha mereka.”

Kemitraan antara OpenIn dan Telkomsel menandai tonggak penting dalam upaya memaksimalkan potensi location intelligence untuk bisnis di Indonesia. Dengan menyediakan pemahaman yang lebih dalam tentang perilaku dan tren konsumen bersama Telkomsel Enterprise melalui solusi MSIGHT, OpenIn berada di posisi terdepan untuk membantu bisnis mencapai kesuksesan.

Bagi bisnis di Indonesia maupun global, kolaborasi antara OpenIn dan Telkomsel membuka kemungkinan baru dalam membuka kemungkinan baru dalam memanfaatkan data geospasial seperti yang belum pernah ada sebelumnya. Dengan teknologi maju dan wawasan yang ditawarkan oleh OpenIn, masa depan strategi bisnis berbasis lokasi sangatlah cerah. (Ril)

Bagikan: