Elizabeth Driemirda Primasari, Regional Manager D Gramedia, mengungkapkan bahwa total donasi yang berhasil dikumpulkan dari pelanggan selama periode 10 Februari hingga 23 Maret 2025 mencapai Rp 744.000.000.
“Dana tersebut telah digunakan untuk pengadaan sebanyak 18.703 mushaf Al-Qur’an, yang akan disalurkan ke berbagai daerah di Indonesia,” jelasnya pada Kamis, 27 Maret 2025, di Gramedia World BSD.
Elizabeth menambahkan bahwa kolaborasi dengan Dompet Dhuafa dalam program ini sejalan dengan visi Gramedia untuk menjadi lebih dari sekadar penyedia buku dan alat tulis, tetapi juga sebagai agen perubahan sosial yang memberikan dampak positif bagi masyarakat.
“Sebagai salah satu perusahaan ritel dan penerbit buku terbesar di Indonesia, Gramedia berkomitmen untuk memperluas dampak sosial melalui berbagai program filantropi. Kerja sama dengan Dompet Dhuafa dalam inisiatif ini menegaskan dedikasi Gramedia dalam mendukung pendidikan dan literasi, terutama bagi masyarakat yang membutuhkan akses lebih baik terhadap sumber belajar,” tuturnya.
Selain penyerahan donasi, Elizabeth juga menyampaikan bahwa acara ini menjadi kesempatan untuk berkumpul dengan 30 anak yatim yang diundang untuk mengikuti berbagai kegiatan interaktif.
“Kegiatan tersebut meliputi sesi hiburan seperti dongeng, berbagi ilmu, berbelanja kebutuhan pendidikan di Gramedia World BSD, serta berbuka puasa bersama,” jelasnya.
“Kolaborasi antara Gramedia dan Dompet Dhuafa dalam program donasi ini merupakan wujud komitmen bersama untuk mendukung kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya mereka yang membutuhkan. Dengan inisiatif seperti ini, diharapkan semakin banyak pihak yang terinspirasi untuk berkontribusi dalam menciptakan dampak positif yang lebih luas,” tambahnya.
Sementara itu, Andriansyah, Ketua Ramadan Dompet Dhuafa, menyatakan bahwa ratusan Al-Qur’an akan disalurkan ke seluruh wilayah Indonesia.
“Al-Qur’an ini akan kami distribusikan terutama ke daerah-daerah yang membutuhkan, seperti pesantren dan masjid di pelosok,” ujarnya.
“Saat ini, terdapat ratusan pesantren yang bermitra dengan Dompet Dhuafa yang tersebar di seluruh Indonesia,” tambahnya.
Meskipun ini adalah kolaborasi pertama dengan Gramedia, Andriansyah menegaskan bahwa pihaknya akan terus memberikan yang terbaik, sehingga kerja sama ini dapat berlanjut sebagai program tahunan.
“Insya Allah, mulai besok kami akan mulai menyalurkan hingga pasca Lebaran. Kami tidak terburu-buru, dan kami akan segera menyelesaikannya,” tutupnya. (Idris Ibrahim/Red)