3 Jurus Jitu Biar Pemasaranmu Makin Moncer

waktu baca 2 minutes
Selasa, 10 Sep 2024 09:28 0 Patricia Pawestri

UMKM | TD – Setelah mengetahui beberapa strategi pemasaran yang cukup efektif, beberapa jurus berikut dapat kamu lakukan agar pemasaran produkmu makin sukses.

1. Melakukan Promosi dan Iklan

Tujuan utama sebuah promosi atau iklan adalah memperkenalkan atau meningkatkan kesadaran orang lain terhadap merk.

Promosi atau iklan yang efektif akan menanamkan dalam benak konsumen, bahwa produk dengan merk tertentu lebih unggul dan lebih pantas dibeli ketimbang merk/produk kompetitor.

Penggunaan media online, papan iklan billboard, dan media cetak dalam promosi dan iklan akan saling melengkapi kekuatan branding sebuah produk bila dilakukan secara bersamaan.

2. Mengikuti Program Afiliasi

Program afiliasi merupakan ajang promosi produk dengan memanfaatkan jasa orang lain. Program ini lebih interaktif daripada hanya sekedar menampilkan iklan saja karena afiliator dan konsumen dapat saling bertegur sapa.Cara promosi produk demikian telah banyak dilakukan di berbagai lokapasar. Tinggal memilih di lokapasar mana yang paling terkait dengan produk dan siapkan anggaran yang dibutuhkan.

Biasanya afiliator mempunyai basis di bidang tertentu sehingga memiliki pengetahuan yang dapat membantu memperkenalkan produk baru. Afiliator dengan tarif tertentu biasanya sudah mempunyai pengikut yang cukup banyak dan dapat berdampak cukup bagus pada penjualan produk yang ia promosikan.

Program afiliasi juga dapat dilakukan sendiri. Melalui langkah ini, produsen dapat menjalin kedekatan dengan konsumen melalui komunikasi dua arah saat live yang berguna untuk mengetahui kebutuhan dan perilaku konsumen lebih dalam serta menghasilkan penjualan berkelanjutan.

3. Mengadakan Giveaway dan Diskon

Give away dan diskon dapat terbilang cukup efektif untuk menarik minat pembeli.

Namun, yang perlu diperhatikan, give away mungkin tidak akan secara langsung meningkatkan hasil penjualan. Tetapi cara ini cukup efektif untuk mengenalkan sekaligus mem-‘branding‘ produk di benak konsumen.

Lain halnya dengan diskon. Diskon dapat memacu penjualan lebih cepat. Namun, kedua taktik tersebut dapat dipadukan sehingga berdampak kepada penjualan lebih optimal. Misalnya dengan memberikan voucher pembelanjaan 1 gratis 1 ataupun diskon persen untuk pemenang give away.

Demikianlah 3 jurus yang dapat membuat pemasaran produk semakin moncer. Jangan lupa untuk melakukan segmentasi konsumen yang akan disasar dalam program pemasaran, dan membuat promosi yang unik dan menarik sesuai selera konsumen serta lebih menonjol dari kompetitor. Perencanaan yang matang akan menghasilkan program pemasaran yang sukses.

Dan juga, buatlah catatan dan analisa respon konsumen serta keberhasilan atau kegagalan saat melangsungkan program pemasaran. Agar dapat mengevaluasi serta memperbaiki teknik sehingga pemasaran ke depannya semakin moncer.

(Pat)

LAINNYA