BeritaGaya HidupLingkunganTips

7 Tanaman Hias yang Dapat Membantu Menurunkan Suhu Lingkungan di Musim Panas

58
×

7 Tanaman Hias yang Dapat Membantu Menurunkan Suhu Lingkungan di Musim Panas

Sebarkan artikel ini
Beringin merupakan salah satu tanaman hias yang dapat menurunkan suhu lingkungan. (Foto: instagram @afabonsaisragen)
Bagikan:

TIPS | TD – Menanam tanaman hias dapat menjadi salah satu solusi untuk menurunkan suhu lingkungan yang semakin panas.

Kesegaran, keteduhan, dan juga penyerap debu dan asap polutan menjadi nilai tambah jika di halaman rumah Anda memiliki banyak tanaman hias, disamping keindahan dari tanaman itu sendiri.

Fungsi meneduhkan dan menurunkan suhu lingkungan dari tanaman hias sangat penting, agar orang-orang di dalam lingkungan tersebut dapat melakukan kegiatan dengan aktif dan bersemangat.

Namun, meskipun semua tanaman dapat memberikan kontribusinya untuk memberikan kesegaran atau keteduhan, sebaiknya kita memilih beberapa yang benar-benar ideal agar lingkungan kita benar-benar dapat menjadi nyaman.

Berikut ini kriteria tanaman hias yang cocok untuk dijadikan peneduh atau penurun suhu lingkungan:

1. tahan panas,
2. dapat mengikat air dengan baik,
3. tidak membutuhkan terlalu banyak penyiraman.

Di antara begitu banyak pilihan yang dapat memenuhi ketiga kriteria tersebut, di bawah ini ada beberapa tanaman hias yang sangat ideal untuk menjadikan lingkungan rumah terasa teduh, yaitu:

1. Beringin.

Tanaman beringin dikenal sebagai pohon yang dapat menurunkan suhu paling efektif. Beringin juga merupakan pengikat air yang baik, sehingga dapat ditanam di daerah kering untuk membantu tercukupinya kebutuhan air tanah.

2. Tabebuya

Tabebuya mempunyai daun yang cukup tebal sehingga dapat tahan terhadap sinar matahari melimpah atau keringnya daging

3. Flamboyan

Sosok tabebuya ataupun flamboyan dewasa yang rindang dapat memberikan keteduhan hingga orang yang berada di bawahnya merasa nyaman.

4. Kamboja

Dahan-dahan kamboja yang penuh daun dan bunga akan memberikan suasana yang lebih segar dan cantik karena bunga-bungannya.

5. Palma-palmaan

Daun palma yang cenderung lebar dapat banyak membantu menurunkan suhu ruangan. Untuk membuat lingkungan terasa lebih sejuk dan dingin, dapat digunakan berbagai jenis palma atau palem, seperti palem kipas, palem merah, dan palem putri.

6. Bunga sepatu

Rawatlah tanaman bunga sepatu hingga menjadi rindang, dan Anda akan menuai keindahan sekaligus kesejukan dari keberadaannya.

7. Bambu-bambuan

Salah satu jenis bambu yang cantik dan dapat membantu mendinginkan suhu lingkungan adalah bambu kuning.

Demikianlah 7 tanaman hias yang dapat Anda gunakan untuk membuat lingkungan terasa lebih nyaman dan sejuk di musim panas. (Pat)

 

 

 

Bagikan: