6 Tips Pemasaran di Era Revolusi Industri 4.0

waktu baca 2 menit
Jumat, 26 Jul 2024 14:58 0 200 Patricia Pawestri

UMKM | TD – Para pelaku UMKM di era Revolusi Industri 4.0, yang juga disebut era digital, perlu mengakrabi teknologi terutama yang terdapat di smart phone agar mampu menjangkau wilayah pemasaran yang luas.

1. Menggunakan sebanyak mungkin saluran pemasaran.

Pemasaran sebaiknya dilakukan secara offline dan online. Pemasaran secara offline dapat dilakukan melalui reseller, outlet, atau langsung ke end user. Sedangkan dalam pemasaran online, maka media sosial, e-commerce, marketplace, email marketing, dan sebagainya.

Pemasaran online mempunyai jangkauan yang lebih jauh daripada pemasaran offline, meskipun keduanya sama-sama penting untuk dijalankan. Melalui online, maka Anda dapat menjangkau lebih dari 4 miliar pengguna internet global.

2. Bertolak dari permasalahan kepada solusi.

Hal yang terpenting dalam pemasaran adalah menemukan permasalahan dari konsumen yang mempunyai solusi berupa produk atau jasa yang kita sediakan.

Setelah menemukan permasalahan tersebut, buatlah konten yang menggambarkan titik frustasi konsumen ketika menghadapi permasalahan. Lalu gambarkan ketika produk atau jasa kita diterima oleh konsumen dan hal ini menjadi solusi yang mencerahkan.

3. Terapkan perpaduan antara pelayanan baik dan kecerdasan.

Produk yang bagus tidak ada artinya tanpa pelayanan yang baik. Dan keduanya tidak lengkap tanpa kecerdasan dari diri pemasar. Paduan dari barang berkualitas bagus dengan pelayanan prima dan kecerdasan masa kini adalah perpaduan lengkap yang dapat membuat konsumen percaya dan membeli produk.

4. Memperhatikan tren dan isu yang berkaitan dengan produk.

Pemasar wajib memperhatikan apa saja yang bersliweran di internet mengenai hal-hal terkait produk dan dapat memberikan tanggapan yang positif atau membangun. Selain berinteraksi dengan calon konsumer, langkah ini juga dapat menjadi momen membangun branding atau product image yang bagus.

5. Mengikuti berbagai pelatihan untuk menambah digital marketing skill.

Terdapat banyak pelatihan digital marketing secara online maupun offline. Pelatihan yang mendalam akan membuat pemasar mempunyai kemampuan membidik segmen menggunakan tools yang tersedia di berbagai platform atau e-commerce.

6. Mempekerjakan karyawan khusus untuk menangani digital marketing.

Memanfaatkan tenaga terampil dapat menaikkan omzet penjualan. Saat ini, profesi digital marketing sangat banyak dicari dan mempunyai honor yang cukup menggiurkan. Carilah tenaga terampil yang mempunyai daya kreativitas tinggi sehingga konten-konten Anda tampak menggugah konsumer.

Demikian 6 tips pemasaran di era revolusi industri 4.0 yang dapat kamu lakukan untuk terus mengembangkan usaha. (Pat)

LAINNYA