UMKM | TD – Pemasaran digital, atau digital marketing, merupakan kunci baru dalam menjangkau area pemasaran yang jauh lebih luas dan menguntungkan.
Pemasaran digital memanfaatkan teknologi internet yang menjadi gerbang dalam lanskap dunia yang sangat luas. Dalam teknik pemasaran digital tersebut, para pengusaha atau pemilik UMKM dapat memetik berbagai keuntungan yang sebelumnya sukar dibayangkan.
Salah satu keuntungan adanya berbagai fitur dalam dunia internet, misalnya aplikasi analisa pasar dan lainnya, dapat mempermudah para pelaku usaha untuk menentukan target pasar yang mereka ingin bidik.
Selain itu, pengusaha juga dapat mendekati para pembeli dengan cara yang lebih personal, di mana pun calon pembeli tersebut berada.
Peluang yang semakin lebar untuk bersaing dengan pebisnis yang lebih besar pun sangat mungkin dengan akses bebas yang dimiliki setiap orang ke perbelanjaan online.
Semua keuntungan digital marketing di era internet di atas dapat dicapai, asalkan pemilik usaha mengetahui cara menjalankan strategi pemasaran melaluinya.
Beberapa strategi untuk dapat sukses berselancar menggapai cuan di internet yaitu:
1. Menyediakan website agar produk dikenali konsumen.
Pemilik usaha yang sedang membuat website dapat mengolahnya menjadi tempat ajang produk tampil menarik dan berkelas.
Untuk itu, website pun harus tampil sebagai profesional. Misalnya dengan menggunakan desain web yang menarik serta ramah terhadap para penggunanya.
2. Memanfaatkan platform media sosial yang tepat untuk produk yang dipasarkan.
Audiens yang memenuhi laman Facebook tentu akan mempunyai ciri tersendiri bila dibandingkan dengan yang ada di Instagram. Begitu juga dengan X (eks Twitter), TikTok, dan lainnya.
Perbedaan segmen dan karakter audiens ini akan mempermudah pemilik usaha untuk membuat strategi iklan atau penawaran yang tepat sesuai dengan karakter atau segmen pasar pembeli. Ketepatan inilah yang dapat berdampak secara besar terhadap jumlah penjualan nantinya.
3. Pemasaran menggunakan email.
Salah satu teknik menjumpai pembeli secara langsung dalam dunia internet adalah dengan menggunakan email saat melakukan penawaran.
Strategi ini dapat menjadi efektif saat kita ingin mengajukan penawaran kepada relasi dari tempat yang sangat jauh. Keberhasilan teknik ini dipengaruhi oleh seberapa akurat mengetahui apakah konsumen tersebut memang membutuhkan barang yang kita produksi.
Pemasaran lewat email ini biasa digunakan untuk menawarkan produk kepada pembeli atau ‘buyer’ dari luar negeri yang jumlah pembeliannya sangat besar. Misalnya importir tepung pisang di Malaysia, importir daun pisang di Amerika, dan lainnya.
4. Pemasaran Konten.
Konten dalam Instagram, blog, website, dan video dapat dibuat relevan dengan apa yang menjadi minat dalam diri audiens.
Hal ini membangun kepercayaan bahwa produk yang dijual tersebut terkesan relate dan bagus, layak atau bernilai ‘value‘ untuk dimiliki. Sehingga pembeli dengan rela mau membayarkan sejumlah uang untuk memiliki produk yang kita jual.
5. Optimasi Mesin Pencari (Search Engine Optimation atau SEO)
‘Kata kunci’ dapat membantu sebuah konten atau artikel untuk menempati posisi pertama ketika seseorang berusaha mengetikan kata kunci tersebut dalam kolom pencarian di browser. Penentuan kata kunci atau SEO ini dapat menggunakan link atau tools yang banyak tersedia di internet. Misalnya keywordtool.io, google trends, dan lainnya.
Demikian 5 strategi untuk dapat sukses berselancar di internet menggapai cuan.