KESEHATAN | TD – Posyandu Alfamart kini hadir dengan dukungan dari Sweety dalam sebuah kolaborasi strategis untuk meningkatkan kesehatan ibu dan balita di Indonesia. Bersama-sama, mereka menjangkau 34 kota dan kabupaten dengan menyediakan layanan kesehatan lengkap serta edukasi penting seputar tumbuh kembang anak dan perawatan kulit sensitif balita, termasuk pemilihan popok yang tepat untuk mendukung pertumbuhan optimal.
Tahun ini, lebih dari 10.000 ibu dan balita mendapatkan akses layanan kesehatan seperti pemeriksaan tumbuh kembang anak, pemberian vitamin dan imunisasi, serta makanan tambahan (PMT). Selain itu, program ini menghadirkan edukasi langsung melalui serangkaian demonstrasi produk Sweety di lebih dari 100 titik lokasi sepanjang Februari, April, dan Mei 2025. Pelaksanaan program dilakukan di halaman gerai Alfamart yang mudah diakses oleh komunitas sekitar.
Seperti yang terlihat di Alfamart Kapuk Raya pada Rabu, 23 April 2025, para ibu bersama balitanya menerima layanan kesehatan sekaligus mengikuti demo produk Sweety, serta menikmati voucher potongan harga khusus produk Sweety yang dapat digunakan di gerai Alfamart.
Corporate Communications General Manager Alfamart, Rani Wijaya, menyatakan program ini merupakan langkah berkelanjutan sebagai bagian dari komitmen Alfamart menjalankan inisiatif yang langsung menyasar masyarakat sekitar gerainya.
“Alfamart Sahabat Posyandu adalah program Corporate Social Responsibility (CSR) kami yang membantu pemerintah mencegah stunting pada anak Indonesia,” jelas Rani, seperti dikutip pada Selasa, 6 Mei 2025.
Rani menambahkan bahwa kolaborasi ini diharapkan memberikan manfaat berupa pengetahuan tambahan bagi para ibu mengenai pentingnya memantau pertumbuhan bayi dan menjaga kesehatan kulit sensitif balita.
“Kerja sama bersama Sweety bertujuan menumbuhkan kesadaran akan pemilihan popok yang tepat demi menjaga kesehatan kulit bayi, agar pertumbuhannya semakin optimal,” terang Rani.
Associate Marketing Director Baby Care Category PT Softex Indonesia, Maggie Effendy, menyambut positif kerja sama dengan Alfamart yang kembali terjalin melalui program ini.
“Sweety, sebagai brand yang menemani ibu Indonesia selama lebih dari 20 tahun, bangga menjadi sponsor utama alfamart Sahabat Posyandu yang memberikan dampak positif. Kami menyediakan ribuan voucher senilai setara 400.000 popok dan terus memberikan edukasi cermat dalam memilih popok untuk menjaga kelembutan dan kesehatan kulit bayi. Produk-produk kami seperti Sweety Dry X-Pert dan Sweety Cloud Soft sangat membantu menjaga kesehatan kulit balita demi mendukung tumbuh kembang optimal,” ujar Maggie.
Kerja sama ini bukan pertama kali. Tahun 2024, program serupa telah menjangkau 32 kota/kabupaten dengan 100 titik lokasi dan 10.000 penerima manfaat.
Antusiasme masyarakat terlihat kuat, dengan ibu-ibu datang lebih pagi ke Posyandu Alfamart. Salah satu peserta, Nabila, mengatakan kegiatan ini sangat membantu karena aksesnya sangat dekat dengan rumahnya.
“Selain mudah diakses, saya mendapat edukasi tentang cara merawat kulit sensitif anak,” ujar Nabila.
Hal yang sama disampaikan Tiwi. Menurutnya, pelayanan kesehatan di Posyandu Alfamart sudah maksimal dan setara dengan posyandu umum, bahkan ditambah dengan voucher popok Sweety yang diterimanya.
“Pelayanannya sangat lengkap, seperti posyandu biasanya. Dapat voucher popok Sweety juga, jadi makin senang,” kata Tiwi. (*)