PKM Mahasiswa Magister Manajemen UNPAM, Tingkatkan UMKM Melalui Pelatihan Digital

waktu baca 3 menit
Selasa, 14 Jan 2025 14:22 0 71 Redaksi

KOTA TANGSEL | TD – Sebanyak 22 mahasiswa Universitas Pamulang (UNPAM) dari program studi Magister Manajemen melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, pada Minggu, 12 Januari 2025.

Acara yang mengusung tema “Strategi UMKM dalam Menghadapi Era Digitalisasi melalui Pelatihan dari Aspek Manajemen Sumber Daya Manusia, Pemasaran, dan Keuangan” ini diikuti oleh 28 pelaku UMKM setempat.

Turut hadir dalam acara tersebut pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Kayumanis, tokoh masyarakat, serta 10 dosen pendamping dari program pascasarjana UNPAM.

Mahasiswa program studi Magister Manajemen UNPAM optimis bahwa UMKM akan tetap menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia dan berperan sebagai solusi dalam mengatasi pengangguran. Hal ini disampaikan oleh Muhammad Hifny, ketua kegiatan PKM tersebut.

Sementara itu, Dr. Yayan Sudaryana, yang mewakili Program Magister Manajemen UNPAM, menegaskan bahwa PKM merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus terus dilaksanakan untuk mendukung UMKM.

“Di era digital ini, UMKM harus mampu memanfaatkan peluang pasar yang terbuka lebar dengan mengintegrasikan aplikasi pemasaran digital dalam kegiatan bisnis mereka,” ujarnya, sdikutip pada Selasa, 14 Januari 2025.

Ketua LPM Kayumanis, Muhammad Ma’sum, menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini.

“Kami sangat menyambut baik kegiatan PKM yang dilakukan mahasiswa UNPAM. Harapannya, kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan menghadirkan lebih banyak inovasi untuk mendukung UMKM,” ungkapnya.

Para peserta, yang sebagian besar adalah pelaku UMKM, terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan PKM ini.

Permasalahan dalam pemasaran produk menjadi materi yang menarik bagi peserta, terutama dalam meningkatkan penjualan produk UMKM di era digitalisasi saat ini. Inovasi kemasan, diversifikasi produk, dan pemasaran digital menjadi topik diskusi yang menarik, di mana narasumber keuangan, Bapak Muhammad Husni Tamrin, menyampaikan materi berjudul ‘Peningkatan Penjualan Produk UMKM melalui Inovasi, Diversifikasi, dan Digital Marketing pada UMKM di Kel. Kayumanis Kec. Tanah Sareal Kota Bogor’.

Ia menjelaskan bahwa para peserta diperkenalkan pada strategi untuk meningkatkan penjualan produk. Beberapa strategi yang disampaikan narasumber meliputi tampilan produk yang menarik, konten yang ditampilkan di media sosial, dan strategi penjualan di platform digital.

“Tampilan produk yang menarik akan mendorong pembeli untuk membeli produk UMKM yang dipasarkan. Selain itu, konten di media sosial sangat berpengaruh terhadap branding dan membantu dalam mengenalkan produk UMKM melalui pendekatan soft selling. Penjualan di media sosial juga memerlukan strategi khusus, di mana pelaku UMKM harus memahami pasar dari setiap platform yang digunakan,” jelasnya.

Ia berharap, dengan dukungan ini, pelaku UMKM di Kelurahan Kayumanis dapat meningkatkan penjualannya dan mempercepat pertumbuhan usaha mereka.

“Kegiatan PKM ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi pelaku UMKM di Kelurahan Kayumanis dalam mengembangkan usaha mereka di tengah tantangan era digitalisasi,” pungkasnya. (*)

LAINNYA