BeritaEkbisKulinerUMKM

Ingin Memulai Usaha, Simak Prospek Keripik Buah yang Menggiurkan Ini

89
×

Ingin Memulai Usaha, Simak Prospek Keripik Buah yang Menggiurkan Ini

Sebarkan artikel ini
Keripik apel adalah sala satu olahan buah yang sangat disukai wisatawan. (Foto: Pixabay @saponifier)
Bagikan:

UMKM | TD – Berbagai olahan keripik buah dapat menjadi alternatif ketika ingin memulai usaha. Keripik-keripik olahan buah banyak disukai karena aromanya yang enak, dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan ketika membeli oleh-oleh.

Keripik olahan buah dapat menjadi salah satu solusi ketika panen buah yang berlimpah menyebabkan harga menjadi jatuh. Bahkan buah yang tidak terlalu sempurna, misalnya sedikit rusak atau kurang matang, dapat tetap dimanfaatkan.

Jenis keripik ini dapat dibuat dari buah-buahan seperti nangka, apel, salak, nanas, mangga, buah naga, pisang, dan sebagainya.

Buah dimasak menggunakan penggoreng hampa atau vacuum frying. Alat penggoreng hampa memungkinkan membuat keripik buah dalam suhu tinggi hingga kering tanpa membuatnya menjadi gosong.

Yang perlu diperhatikan dalam menggoreng keripik buah haruslah menggunakan minyak goreng dengan kualitas baik. Karena minyak akan terserap ke dalam produk dan mempengaruhi rasa, aroma, serta warna keripik.

Setelah digoreng hingga kering, keripik buah ditiriskan minyaknya menggunakan spinner atau mesin pengatus. Kemudian dimasukkan ke dalam kemasan yang tepat untuk menjaga kerenyahan dan keawetan keripik buah tersebut.

Tips-tips Pembuatan Keripik Buah

Keripik Apel

Buah apel akan cepat berubah menjadi coklat segera setelah dikupas. Untuk meminimalisir perubahan warna daging buah tersebut, segera rendam apel yang sudah dikupas atau diiris ke dalam air murni, atau air garam, atau air yang telah ditambahi asam sitrat.

Keripik Nangka

Buah nangka yang dapat dibuat keripik adalah buah dengan daging yang tegar, bukan nangka bubur. Gunakan buah yang tidak terlalu matang atau mentah agar keripik beraroma enak dan renyahnya pas. Buah yang terlalu matang akan memberi aroma yang terlalu menyengat, serta cepat gosong saat digoreng. Sedangkan buah yang terlalu mentah, meskipun akan menghasilkan keripik yang renyah, tetapi aromanya kurang enak.

Keripik Buah Naga

Gunakan irisan buah naga yang cukup tebal. Atau cukup belah dua buah naga setelah dikupas. Karena tekstur buah naga yang berair akan menjadikan keripik yang dihasilkan menyusut hingga 1/5 ukuran semula.

Dalam analisis usaha, harga jual keripik buah dapat meningkatkan harga jual buah hingga dua kali lipat. Keuntungan sebesar 100% dari harga produksi keripik buah menjadikan usaha ini layak dilirik oleh mereka yang ingin memulai usaha. (Pat)

 

Bagikan: