hpn2024
BeritaSaintekUMKM

Berbagai Produk Turunan Nata de Coco yang Mutakhir

50
×

Berbagai Produk Turunan Nata de Coco yang Mutakhir

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi tali tambang yang dibuat dari serat nata de coco sangat kuat, tidak kalah dengan tali tambang plastik. (Foto: Pixabay @bdyczewski)
Bagikan:

SAINTEK | TDNata de coco merupakan salah satu produk turunan/olahan dari air kelapa. Biasanya, nata de coco digunakan sebagai bahan kombinasi berbagai minuman maupun makanan.

Namun, sejak beberapa tahun lalu, penelitian telah membuktikan bahwa nata de coco dapat dialihrupakan menjadi berbagai produk non makanan yang berguna dan ramah lingkungan.

Berikut ini beberapa produk turunan nata de coco yang potensial menjadi komoditas bisnis menguntungkan, dikutip dari mediaperkebunan.id.

Produk Nata de Coco Makanan:

1. Nata de Coco plain (NDC plain)

Jenis produk turunan ini merupakan yang tidak mengandung tambahan gula maupun perasa lainnya sehingga mempunyai rasa tawar. NDC plain merupakan bentuk original/dasar yang dapat diolah lebih lanjut.

Namun, meskipun tawar, NDC plain sering dikonsumsi sebagai makanan sehat berserat tinggi.

2. NDC sugared (ditambah dengan gula)

3. NDC flavored (ditambah dengan jus buah atau minuman berperisa)

4. Fine fiber

Produk Nata de Coco bukan makanan:

Nata de coco (NDC) merupakan kumpulan serat organik yang terikat. Sebagai bio cellulose fiber, NDC mempunyai beberapa turunan bukan makanan sebagai berikut:

1. Bio sheet (lembaran organik)
2. Bio powder (serbuk organik)
3. Bio fiber pulp (bubur serat organik)
4. Bio cotton

Sedangkan Rayhaan Ramadhan KP, mahasiswa Universitas Trisakti, merilis dalam akun Linkedin miliknya bahwa NDC merupakan serat selulosa bakterial sangat potensial dikembangkan menjadi berbagai material. Misalnya rompi dan bahan antipeluru, bumper dan badan mobil, dan berbagai bagian dalam industri otomotif dan penerbangan.

Sedangkan Redaksi Trubus, dalam buku “Serba Serbi Nata De Coco” yang terbit tahun 2019, mengungkapkan NDC dapat menghasilkan tali tambang yang sangat kuat, meskipun harus dilapisi dengan bahan anti air. Sebab tali tambang nata ini akan berubah lembek jika terkena air.

Selain itu, NDC juga menghasilkan tali dekorasi, plastik nata yang cukup kuat seperti mika, serbuk penyaring air yang dapat menyingkirkan logam berat, kertas nata, dan layar komputer nata. (Pat)

Bagikan: