Aplikasi Simpel Perumdam TKR akan Diintegrasikan dengan SP4N-LAPOR

waktu baca 3 menit
Jumat, 7 Mei 2021 21:41 0 171 Redaksi TD

KABUPATEN TANGERANG | TD — Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kerta Rahraja (Perumdam TKR) Kabupaten Tangerang akan mengintegrasikan aplikasi Simpel TKR dengan SP4N-LAPOR.

Direktur Utama Perumdam TKR Sofyan Safar mengatakan, rencana pengintegrasian tersebut untuk mempercepat penanganan pengaduan dari pelanggan.

“Rencana ini sebagai kelanjutan dari inovasi kami melalui aplikasi Simpel TKR. Melalui aplikasi tersebut, pengaduan dari pelanggan bisa dilakukan dengan cepat. Dengan pengintegrasian ini, kami ingin lebih cepat melayani keluhan  dari pelanggan,” ungkap Sofyan yang didampingi Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Banten Dedy Irsan usai acara Evaluasi Kinerja Perumdam TKR  pada triwulan kedua 2021 yang digelar di Kantor Perumdam TKR di Jalan Kisamaun, Kota Tangerang, Jumat (7/5/2021).

SP4N-LAPOR adalah kanal pengaduan masyarakat yang dikelola oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) sebagai Pembina Pelayanan Publik, Kantor Staf Presiden (KSP) sebagai Pengawas Program Prioritas Nasional dan Ombudsman Republik Indonesia.

Saat ini, sedikitnya  34 Kementerian, 96 Lembaga, dan 493 Pemerintah daerah di Indonesia telah terhubungan dengan SP4N-LAPOR.

“Kami juga akan mendaftarkan Simpel TKR dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik,” tambahnya.

Beberapa terobosan lainnya yang akan dilakukan Perumdam berperingkat terbaik pertama se-Indonesia itu yaitu akan segera mendapatkan setifikat jaminan mutu atau ISO 9001.

“ISO 9001 adalah standar internasional tentang sistem manajemen mutu. Kami akan dapatkan ISO 9001 tersebut dalam waktu dekat ini,” katanya yang juga menambahkan pihaknya terus berinovasi untuk meningkatkan layanan dan kepuasan pelanggan.

tangerang, perumdam tkr, simpel tkr

Dewan Pengawas, Direksi Perumdam TKR Kabupaten Tangerang dan Ombudsman Banten berpose bersama usai rapat Evaluasi Triwulan kedua tahun 2021, Jumat (7/5/2021) (Foto: Mohamad Romli/TangerangDaily)

Inovasi di Perumdam TKR tersebut diapresiasi oleh Ketua Dewan Pengawas Perumdam TKR Mochamad Maesyal Rasyid yang juga hadir dalam Evaluasi Kinerja Perumdam TKR  pada triwulan kedua 2021.

Rudy, sapaan sosok yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang tersebut juga menekankan hal serupa. Bagi dia, inovasi adalah sebuah keniscayaan agar perusahaan tersebut terus berkembang dan menjawab tantangan kekinian.

“Melalui inovasi, pelayanan perumdam TKR akan semakin baik dan semakin dirasakan manfaatnya oleh pelanggan, terutama masyarakat Kabupaten Tangerang,” kata Maesyal Rasyid.

Senada, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Banten Dedy Irsyad pun mengapresiasi atas terobosan yang dilakukan oleh Perumdam TKR.

Salah satu bentuk kinerja Direksi Perumdam TKR tersebut adalah dengan diraihnya penghargaan sebagai BUMD Terbaik se-Indonesia dalam bidang pelayanan air bersih selama  2 tahun berturut-turut.

Hal itu menurut Dedy membuktikan kinerja, akuntabilitas serta pelayanan Perumdam TKR kepada masyarakat cukup memuaskan. Indikator kinerja baik Perumdam TKR lainnya menurut Dedy adalah Perumdam TKR mampu berkontribusi kepada pembangunan daerah dengan menyetorkan sebagian keuntungan untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kami harap hal ini juga dapat diikuti oleh perusahaan-perusahaan air minum milik daerah di seluruh Banten,”ujar Dedy.

Namun begitu Dedy tetap meminta jajaran direksi Perumdam TKR untuk semakin meningkatkan respon jika ada keluhan dari para pelanggan yang masuk. Menurut Deddy semakin cepat penanganan terhadap keluhan maka performa perusahaan akan semakin baik.

Handling Customer Complaint  dalam perusahaan pelayanan publik wajib terus ditingkatkan demi meningkatkan kepuasan pelanggan,” ujarnya. (Red/Rom)

 

 

""
""
""
LAINNYA