BANDARA | TD — Antrean penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta sempat mengular panjang dampak dari server aplikasi Pedulilindungi mengalami gangguan atau down, Senin 4 Oktober 2021.
Senior Manager of Branch Communication and Legal PT Angkasa Pura II Bandara Soekarno Hatta, M Holik Muwardi mengatakan dampak gangguan pada server aplikasi Pedulilindungi terjadi antrean penumpang yang cukup panjang. “Tapi tidak sampai terjadi penumpukan penumpang, masalah bisa kami atasi dengan cara manual,” kata Holik saat dihubungi Senin siang.
Menurut Holik, proses pengambilan data vaksin dan bukti PCR penumpang pesawat dilakukan dengan cara print out. Cara ini cukup memakan waktu jika dibandingkan dengan menggunakan aplikasi Pedulilindungi yang hanya butuh beberapa detik. “Tapi pada prinsipnya antrean penumpang telah teratasi,” kata Holik.
Holik mengakui masalah aplikasi Pedulilindungi yang gangguan, sudah terjadi beberapa kali di Bandara Soekarno-Hatta. Hanya saja, kata Holik, masalah aplikasi Pedulilindungi bukan ranah dan kewenangan PT Angkasa Pura II. “Kami hanya mengatasi dan mencari solusi dari dampak ketika aplikasi itu tidak bisa diakses.”
Holik berharap instansi berwenang dapat mengevaluasi dan menyempurnakan aplikasi Pedulilindungi agar tidak kembali down dan proses keberangkatan penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta berjalan lancar.
Sejak 1 Agustus 2021, calon penumpang pesawat diwajibkan menggunakan aplikasiPeduliLindungi untuk memproses keberangkatan penerbangan. (Faraaz/Rom)