7 Langkah Mudah Pemasaran Produk Melalui Instagram

waktu baca 3 menit
Kamis, 12 Sep 2024 11:53 0 99 Patricia Pawestri

UMKM | TD – Instagram merupakan salah satu platform yang paling disukai oleh masyarakat di seluruh dunia. Hal inilah yang membuat Instagram menjadi salah satu sosial media yang sangat efektif untuk memperkenalkan produk.

Bahkan, salah satu situs perdagangan mencatat bahwa 7 dari 10 sepuluh orang yang melihat sebuah produk di Instagram, pasti akan bertrransaksi.

Namun, bagi pengusaha yang ingin memasarkan produknya secara maksimal, tentu saja perlu mempelajari bagaimana mengunggah foto produk atau video yang berguna untuk menarik pembeli.

Berikut ini langkah-langkah membuat unggahan di Instagram untuk memasarkan produk secara efektif:

1. Menentukan nama akun dan pengguna yang tepat.

Nama akun dan pengguna yang tepat merupakan kunci agar calon konsumen dapat menemukan akun dengan cepat.

Dalam menentukan nama akun dan pengguna, dapat dengan menggunakan bantuan link pencari kata kunci atau SEO. Misalnya keywordstool.io, SEMrush, atau pun Google Trend.

Dan, jangan lupa bahwa segmen konsumen yang ingin dibidik juga sangat terkait dengan wilayah. Hal ini akan mempercepat akun Instagrammu dikenal oleh konsumen-konsumen potensial.

Contoh nama akun yang bagus adalah desainkebunjakarta, yang merupakan agen desainer outdoor yang membantu penataan kebun secara profesional. Lalu, nama brand dapat dicantumkan sebagai nama pengguna, @flamboyan&citygarden, misalnya.

2. Mengoptimasi profil akun Instagram.

Optimasi pada profil Instagram dapat dengan mencantumkan semboyan usaha, jenis usaha, serta alamat baik di dunia nyata maupun link (seperti tautan ke WhatsApp dan lokapasar) yang dapat diakses secara digital.

3. Membuat konten untuk feed.

Langkah selanjutnya adalah membuat konten feed atau postingan Instagram.

Untuk membuat postingan berupa gambar, jangan pernah lupa untuk menyunting terlebih dahulu setiap materi agar terlihat prima di mata konsumen. Aplikasi suntingan yang dapat digunakan, misalnya Canva dan Snapseed.

Jangan lupa untuk menuliskan hashtag dengan uraian yang singkat, menarik, dan bermanfaat agar konsumen tidak begitu saja berlalu di hadapan konten Instagram.

Usahakan untuk mengunggah postingan mengenai produkmu setiap hari agar calon konsumen selalu update dengan produk kamu dan jangkauan akunmu semakin banyak.

4. Membuat video reel.

Selain feed, bentuk unggahan Instagram lainnya adalah video reel.

Video ini dapat kamu susun melalui aplikasi desain grafis, misalnya Canva dan Capcut.

Video visual biasanya akan mendapat respon lebih banyak karena terasa lebih hidup dan komunikatif di mata konsumen. Reels juga akan mempengaruhi jangkauan akun menjadi lebih luas.

5. Mencoba untuk berinteraksi melalui live di IGTV.

Live akan memberikan kedekatan yang lebih intim dengan calon konsumen. Dalam live yang unik dan detail, promosi produk dapat lebih mengena kepada konsumen karena pemasar dapat berkomunikasi dengan intens untuk memberikan solusi terbaik bagi calon konsumen.

6. Memanfaatkan Instagram stories.

Story pada akun Instagram dapat digunakan untuk promosi yang lebih personal dan interaktif. Event give away yang diumumkan dengan story juga akan meninggalkan kesan ‘tak bisa dilewatkan’sehingga menjadi salah satu strategi pengenalan produk

7. Membuat perencanaan konten.

Setiap konten yang diunggah di akun Instagram hendaklah diperhitungkan mengenai warna atau desainnya. Hal ini menjadikan akun pemasaran terlihat lebih rapi dan enak dipandang, sehingga menarik minat konsumen untuk mendekat atau bertransaksi.

Konten juga dapat dibuat lebih relate dengan ‘hari ini’ sehingga calon konsumen selalu kembali untuk melihat dan membaca isi konten kita.

Demikian 7 langkah membuat unggahan Instagram untuk memasarkan produk. (Pat)

 

 

Unggulan

LAINNYA