hpn2024
BeritaHiburanWisata

7 Destinasi Wisata Istimewa yang Bisa Kamu Kunjungi di Yogya Saat Libur Lebaran

84
×

7 Destinasi Wisata Istimewa yang Bisa Kamu Kunjungi di Yogya Saat Libur Lebaran

Sebarkan artikel ini
Candi Prambanan yang megah ini telah bertahan selama hampir 1200 tahun. Candi Prambanan merupakan satu dari 7 destinasi wisata istimewa di Yogya. (Foto: instagram @ingo.piepers)
Bagikan:

WISATA| TD – Merencanakan mengisi libur Lebaran di Yogya? Kenapa tidak? Kota yang terkenal dengan budayanya ini layak kamu kunjungi karena mempunyai beragam destinasi wisata yang menarik dan menambah wawasan.

Banyak tempat wisata yang dapat kamu kunjungi akan memberikan wawasan baru bagi kamu tentang budaya dan keramahtamahan masyarakat lokal Yogya. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari mengenai sejarah Nusantara yang terekam dalam berbagai museumnya.

Berikut ini adalah tempat-tempat istimewa yang dapat kamu kunjungi jika berlibur Lebaran di Yogya:

1. Candi Prambanan

Keindahan relief dari kisah Ramayana dan Khrisnayana bisa kamu saksikan di candi termegah di Yogya ini.

Dan, bila petang menjelang, dalam jadwal yang telah ditentukan, kamu bisa menyaksikan pertunjukan Sendratari Ramayana yang ditarikan oleh 200 penari profesional dengan iringan musik dari seniman lokal. Kamu bisa menyaksikan betapa indahnya tarian di malam hari dengan cahaya lampu sorot yang mengagumkan.

2. Candi Ratu Boko

Keindahan kompleks Candi Ratu Boko yang diliputi sejarah yang misterius akan membuatmu tercengang sekaligus terpesona. Kamu bisa melihat petirtaan kuno yang cukup lengkap, termasuk dengan sumber-sumber mata airnya, serta tempat untuk bertapa dan tempat tinggal raja dari lebih dari satu era kekuasaan.

Dari Candi Ratu Boko ini pula kamu bisa melihat keindahan matahari tenggelam dan juga berfoto di spot-spot yang menarik.

3. Sindu Kusuma Edupark

Obyek wisata dan belajar yang terletak di Kapanewon (kecamatan dalam bahasa Jawa) Godean, Kabupaten Sleman, ini termasuk istimewa. Pada taman bermain inilah terdapat bianglala tertinggi se-Indonesia bernama Cakra Manggilingan.

Selain beberapa wahana bermain, Sindu Kusuma Edupark juga menyediakan tempat untuk sekeluarga belajar membatik, mengenal berbagai alat musik, dan menonton bioskop 4D dan 8D.

4. Museum Ullen Sentalu

Menikmati suasana sejuk pegunungan di lereng Merapi sambil melihat benda-benda budaya peninggalan berbagai kerajaan dapat kamu lakukan di museum yang indah ini.

Karena keindahannya inilah, Museum Ullen Sentalu seringkali disebut sebagai ndalem Kaswargan atau rumah Surga.

5. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Rasanya tidak lengkap bila liburan ke Yogya tanpa mengunjungi tempat tinggal raja ini. Meskipun turis hanya diperkenankan hingga area tertentu saja, tetapi banyak hal yang dapat dinikmati sebagai wawasan budaya.

Di dalam keraton ini, kamu bisa mengenal berbagai tradisi keraton. Termasuk keris dan jamasan, dokumentasi tentang para raja Yogya, tradisi pernikahan keraton yang unik dan rumit, dan lainnya.

6. Museum Sonobudoyo

Museum yang terletak tak jauh dari keraton ini memiliki koleksi benda-benda budaya yang menampilkan seni, arkeologi, dan etnografi.

Jika kamu menyukai pertunjukan wayang, atau ingin mengenalnya lebih baik, Museum Sonobudoyo mempunyai koleksi wayang yang cukup lengkap dari berbagai daerah dan tradisi.

7. Pantai Parangtritis

Pantai yang erat dengan legenda asal-usul kerajaan di Yogyakarta ini terletak 27 kilometer dari jantung Kota Yogya.

Kamu bisa menikmati matahari tenggelam yang bernuansa indah sambil menaiki bendi (kereta kuda kecil) atau bermain layang-layang. Pantai Parangtritis juga terkenal dengan gumuk pasirnya yang unik dan indah, dan juga bisa menjadi spot berfoto yang bagus.

Selain itu terdapat situs sejarah Candi Gembirowati yang terletak di utara pantai. Di sekitar candi, terdapat pesanggrahan milik raja Jogja kedua, Sri Sultan Hamengkubuwono II yang memiliki sembilan mata air. Salah satu mata air tersebut disakralkan.

Demikian 7 destinasi wisata istimewa yang dapat kamu kunjungi jika berlibur Lebaran di Yogya. (Pat)

Bagikan: