TIPS | TD — Internet menjadi sarana yang sangat efektif untuk mempromosikan produk atau jasa di era digital ini. Peran seorang copywriter pun semakin dibutuhkan.
Kemudahan mengakses internet menjadi salah satu pemicu pergeseran pola promosi tersebut. Promosi yang efektif, mudah, dan murah membuat banyak orang, khususnya pengusaha mulai meninggalkan pola konvensional.
Biasanya, dalam mempromosikan produk atau jasa, dibutuhkan seorang copywriter yang bertugas untuk membuat takarir (caption) yang berisi kalimat persuasif agar masyarakat menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Menjadi seorang copywriter yang handal tentu diperlukan beberapa teknik dan keahlian dalam pemilihan kata, sebab tulisan copywriting harus mampu menghipnotis masyarakat untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa tersebut. Berikut lima tips menulis teks copywriting yang dinilai mampu menghipnotis masyarakat.
Pahami Produk atau Jasa
Memahami produk atau jasa yang akan ditawarkan tentu menjadi hal yang sangat penting dan tidak boleh terlupakan. Sebab, dengan memahami produk atau jasa, maka seorang copywriter dapat dengan detail menggambarkan deskripsi terkait produk atau jasa tersebut, misalnya dengan menulis kelebihan atau keunikan produk atau jasa, hingga manfaat yang akan dirasakan oleh calon pengguna. Dengan begitu, maka pengguna akan merasa tertarik dan penasaran dengan produk atau jasa yang ditawarkan tersebut.
Ketahui Target Pasar
Sebelum membuat teks copywriting, sebaiknya ketahui terlebih dahulu target pasar yang akan dituju. Target pasar tersebut sangat memengaruhi isi konten yang akan dibuat, sehingga konten dapat diterima dengan tepat.
Misalnya, bila target pasar yang dituju adalah kalangan remaja dan kaum milenial, maka seorang copywriter dapat membuat ide konten dengan bahasa yang lebih santai dan kekinian yang sesuai dengan bahasa yang digunakan oleh kalangan milenial sehari-hari.
Pilih Headline yang Unik
Headline dalam sebuah konten copywriting, harus ditulis secara unik dan menarik, sebab pengguna biasanya akan melirik suatu produk atau jasa yang ditawarkan dengan melihat headlinenya terlebih dahulu.
Untuk membuat headline yang unik dan menarik, copywriter dapat menambahkan kata-kata yang anti-mainstream seperti mencantumkan perbandingan, persentasi, manfaat, hingga kalimat persuasi.
Jangan Lupakan CTA (Call-to-Action)
Sisipkan juga kalimat CTA pada konten copywriting agar isi konten lebih maksimal. CTA yang merupakan Call-to-Action merupakan suatu ajakan atau perintah agar orang lain dapat mengikuti suatu keinginan. Salah satu contohnya ialah dengan mengajak pengguna untuk membeli produk atau menggunakan sebuah layanan.
Dalam menulis kalimat CTA, sebaiknya sertakan juga manfaat dan keuntungan yang jelas agar pengguna merasa yakin untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan tersebut.
Itu tadi beberapa cara menulis teks copywriting yang dinilai ampuh untuk meningkatkan penjualan. Tertarik mencoba? (Ryandita Fadillah/Rom)