4 Tips Menentukan Nama Produk untuk Memulai Usaha dan Pemasaran

waktu baca 2 menit
Rabu, 4 Sep 2024 12:15 0 63 Patricia Pawestri

UMKM | TD – Dalam membesarkan sebuah usaha, menentukan nama menjadi satu hal penting yang harus diperhatikan.

Nama produk maupun nama perusahaan dapat menjadi representasi atas produk yang dipasarkan. Karena itulah, nama yang akan diberikan pada sebuah produk, maupun perusahaan, tidak boleh sembarangan.

Secara singkat, beberapa hal yang paling penting dalam menentukan nama sebuah produk adalah:

1. Mudah dieja, diingat, dan dihafalkan.

Nama yang mudah dieja dan diingat juga akan memudahkan sebuah produk dipasarkan. Agar mudah diingat, nama produk haruslah cukup pendek, mudah diucapkan, dan juga mudah diingat ketika seseorang sedang mencari barang yang ia butuhkan.

Contoh nama produk yang bagus, yang telah menjadi brand, misalnya ‘Nike’ atau ‘Adidas’ akan selalu mengingatkan orang tentang produk sepatu atau alat-alat olahraga. Atau ‘Fuji’ akan selalu mengingatkan orang tentang apel yang merah dan segar.

2. Merupakan pesan yang kuat tentang produk.

Nama yang tepat akan memberikan gambaran tentang produk di mata konsumen.

Misalnya ‘Superbrite‘ atau berarti super terang dapat menjadi nama yang bagus untuk produk lampu, senter, atau produk penerang lainnya. Dan ‘Wealthcat‘ bisa menjadi nama produk makanan kucing dengan bahan-bahan yang membuat kucing menjadi sehat, lincah, berbulu indah, dan terlihat seperti kucing kaya.

3. Merupakan nama yang unik dan memberikan kesan tersendiri.

Uniknya sebuah nama produk akan membuat orang semakin mudah mengingatnya. Serta akan menyiratkan kesan istimewa yang sekaligus menambah daya tarik.

Misalnya ‘Menuk’ akan menyiratkan sesuatu yang memuncak seperti gunung dan berisi penuh . Nama ini sesuai untuk makanan oleh-oleh seperti pia dengan filling, ampyang, wajik ketan kering, dan makanan lainnya khas tradisi Jawa.

Contoh lainnya yaitu nama ‘TeenGear‘ atau berasal dari kata ‘teenager‘ (remaja) dapat menjadi nama yang unik untuk produk-produk fashion yang ditujukan bagi usia remaja.

4. Dapat digunakan menjadi domain atau akun di media sosial.

Di dunia digital masa kini, sangat penting untuk menggunakan nama yang mudah dikenakan sebagai domain atau nama sosial media.

Untuk mengetahui apakah sebuah nama potensial dikenal dalam dunia digital, dapat dengan mengecek ketersediaannya pada domain website atau media sosial yang akan digunakan dalam pemasarannya.

Demikianlah 4 tips menentukan nama produk ketika akan memulai sebuah usaha dan pemasaran. (Pat)

Unggulan

LAINNYA