TIPS | TD — Keseharian yang padat dan menyibukkan sering kali membuat seseorang bingung harus memulai pekerjaannya dari sisi mana terlebih dahulu, sehingga pada akhirnya banyak pekerjaan atau hal penting yang tertunda. Kegiatan menunda pekerjaan ini disebut prokrastinasi, hal ini sering dilakukan tidak hanya oleh mahasiswa, tapi juga sering dilakukan oleh para pekerja.
Kebiasaan buruk yang satu ini dapat menyebabkan konsekuensi negatif, seperti menurunnya produktivitas serta menurunnya kesehatan emosional. Akibatnya, hal ini dapat memperburuk kualitas dan menghambat kesuksesan hidup. Seseorang yang melalukan ini sebenarnya sedang melindungi diri dari hal-hal buruk yang dapat mengganggu pekerjaan.
Pada persoalan kali ini, sebenarnya bukan 100% disebabkan oleh kemalasan, melainkan prokrastinasi merupakan suatu mekanisme pertahanan yang bertujuan untuk menghindari ketidaknyamanan atau perasaan cemas yang berkaitan dengan tugas atau pekerjaan tertentu. Menunda pekerjaan hanya memberi rasa lega untuk sementara, karena pekerjaan-pekerjaan yang sempat dihindari tidak akan selesai begitu saja dan kamu harus tetap mengerjakannya.
Kebiasaan buruk ini dapat diubah jika seseorang memiliki tekad dan niat yang kuat dalam dirinya sendiri. Nah, di bawah ini sudah terangkum 3 tips untuk mengatasi prokrastinasi, apa saja? Simak berikut ini!
3 Tips Efektif Mengatasi Prokrastinasi.
1. Membuat to-do list
Cara pertama dalam mengatasi kebiasaan prokrastinasi adalah membuat to-do list, pada cara ini kamu akan menulis dan menata semua pekerjaan yang harus dilakukan di hari itu. Di mulai dari pekerjaan yang high priority atau pekerjaan yang harus di selesaikan terlebih dahulu, setelah itu dilanjut dengan pekerjaan low priority yang dapat kamu kerjakan setelah pekerjaan high priority selesai.
2. Hindari Distraksi
Jika kamu adalah seseorang yang mudah terkecoh oleh hal-hal kecil seperti notifikasi dari gadget, ada baiknya kamu segera menjauhkan gadget tersebut untuk sementara waktu. Karena, distraksi sering kali mengganggu kegiatan bekerja, sehingga prokrastinasi pun terjadi.
Hal ini bisa di upayakan dengan cara menjauhkan gadget dari jangkauanmu. Namun, jika pekerjaan yang kamu miliki harus menggunakan gadget, kamu bisa mengupayakannya dengan cara lain, seperti mengaktifkan mode jangan ganggu ataupun melakukan log out dari semua sosial media yang kamu miliki agar notifikasi tidak mengganggu kegiatan bekerja.
3. Gunakan teknik podomoro.
Teknik podomoro adalah metode manajemen waktu yang membantu meningkatkan produktivitas seseorang dalam berkegiatan. Teknik ini dilakukan dengan cara membagi waktu bekerja menjadi interval-interval pendek, seperti 25 menit bekerja, 5 menit beristirahat, dan kegiatan ini dilakukan secara berulang-ulang dalam satu hari.
Setelah melakukan podomoro sebanyak 4 kali, kamu bisa mengambil waktu istirahat lebih lama, sekitar 15 hingga 30 menit. Teknik ini efektif untuk menghindari pekerja dari kelelahan, meningkatkan fokus dan kreativitas, serta pekerjaan terasa lebih teroganisir.
Demikian 3 tips untuk mengatasi prokrastinasi. Dalam mengatasi kebiasaan prokrastinasi seseorang perlu waktu dan komitmen yang kuat. Dengan mencoba beberapa tips di atas kamu dapat perlahan-lahan merubah kebiasaan buruk itu menjadi lebih produktif, kuncinya adalah konsisten dan memberikan diri sendiri ruang untuk berkembang. Jadi, mulailah dengan langkah kecil menuju perubahan yang lebih baik, dan nikmatilah prosesnya. (Nazwa/Red)