Lintasarta Pastikan Keandalan Layanan Digital Sektor Strategis Sambut Momen Ramadan dan Lebaran 2025

waktu baca 4 minutes
Selasa, 18 Mar 2025 10:58 0 Elvira

EKBIS | TD — Dalam menyambut Ramadan dan Lebaran 2025, Lintasarta, sebagai AI Factory di bawah naungan Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) Group, kembali menegaskan komitmennya untuk menjaga stabilitas, keamanan, dan keandalan jaringan serta layanan digitalnya. Seiring dengan meningkatnya aktivitas bisnis pelanggan pada periode Ramadan dan Lebaran, Lintasarta telah melakukan optimalisasi kapasitas jaringan dan mengoperasikan Command Center yang akan memantau seluruh infrastruktur komunikasi data, cloud, dan cybersecurity selama 24/7.

Pada puncak periode Ramadan dan Lebaran 2024, Lintasarta mencatat adanya lonjakan trafik data sebesar 9,48% dibandingkan tahun sebelumnya. Di tahun 2025 ini, perusahaan memproyeksikan adanya kenaikan trafik data sekitar 10% lebih tinggi, seiring dengan terus berkembangnya digitalisasi di berbagai sektor.

Untuk mendukung kesiapan ini, Lintasarta memastikan layanan pelanggan tetap prima selama libur panjang Lebaran, terutama dalam mendukung layanan kritikal bagi masyarakat serta aplikasi di sektor-sektor strategis, seperti sektor keuangan, transportasi, retail, distribusi, pemerintahan, dan pariwisata.

President Director & CEO Lintasarta, Bayu Hanantasena, menjelaskan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menjaga kestabilan layanan pelanggan, terutama di industri yang sangat bergantung pada konektivitas dan keamanan data. “Dengan infrastruktur digital yang kuat, koneksi jaringan yang stabil, serta pelayanan pelanggan yang siaga sepanjang Ramadan dan Lebaran 2025, kami ingin memastikan masyarakat Indonesia dapat menikmati layanan digital yang lancar dan aman selama momen kebersamaan,” ungkap Bayu dilansir Selasa, 18 Maret 2025.

Infrastruktur Digital yang Andal untuk Menjaga Kelancaran Trafik Data

Lintasarta, yang mayoritas pelanggannya berasal dari segmen business to business (B2B), telah mempersiapkan diri menghadapi lonjakan transaksi yang diprediksi terjadi selama libur panjang Lebaran. Untuk itu, Lintasarta telah mengimplementasikan high-capacity backbone dengan kapasitas Nx400G serta teknologi jaringan berlatensi rendah untuk memastikan kelancaran koneksi data domestik dan internasional.

Dengan dukungan Operations Support System (OSS), Lintasarta dapat memantau kualitas jaringan dan kepadatan trafik data secara real-time, memberikan visibilitas menyeluruh terhadap performa jaringan. Menggunakan teknologi AI dan otomatisasi, Lintasarta mampu mendeteksi anomali gangguan dengan lebih cepat dan akurat, menganalisis pola trafik data secara presisi, serta memprediksi potensi kendala dan memberi solusi lebih dini.

Untuk menjaga keamanan data dan transaksi pelanggan, Lintasarta terus memperkuat upaya pencegahan terhadap potensi penyalahgunaan data dengan sistem penyimpanan data dan cybersecurity tingkat lanjut. Dengan enkripsi data dan pengawasan ketat terhadap akses data, Lintasarta berkomitmen memperkuat perlindungan terhadap ancaman serangan siber yang berpotensi meningkat selama periode lonjakan trafik.

Sebagai bagian dari komitmen untuk menjaga keandalan layanan digital, Lintasarta juga terus meningkatkan kapabilitas dalam mengelola infrastruktur ICT, didukung dengan sertifikasi ISO 27001 untuk Information Security Management System. Langkah ini merupakan bagian dari upaya untuk menjaga kelancaran aktivitas digital pelanggan dan memperkuat posisi Lintasarta sebagai mitra terpercaya bagi pelaku bisnis di berbagai sektor strategis Indonesia.

Siaga 24/7 untuk Layanan Optimal

Dengan prediksi peningkatan aktivitas digital dan mobilitas masyarakat yang pesat selama Ramadan dan Lebaran 2025, Lintasarta telah menerapkan sejumlah langkah strategis untuk mendukung kebutuhan infrastruktur digital yang andal dan pelayanan pelanggan yang responsif. Salah satunya adalah mengoperasikan Command Center selama 24/7 dengan tim ahli tersertifikasi untuk memastikan pengalaman layanan terbaik bagi pelanggan.

Lintasarta juga menyediakan layanan customer support yang siaga penuh, menjamin solusi cepat dalam menghadapi potensi kendala teknis selama periode kritikal. Layanan pelanggan dapat diakses melalui contact center 14052 dan fasilitas virtual assistant Talita yang tersedia di www.lintasarta.net. Dengan demikian, pelanggan dapat menikmati momen Lebaran dengan kualitas layanan yang stabil dan andal.

Tentang PT Aplikanusa Lintasarta
Sejak 1988, Lintasarta telah menjadi penyedia layanan komunikasi data, internet, dan IT untuk berbagai sektor industri. Lintasarta terus memperkuat perannya sebagai AI Factory dari Indosat Ooredoo Hutchison Group, mendukung Indosat dalam mengembangkan strategi menjadi AI TechCo. Saat ini, Lintasarta melayani lebih dari 2000 pelanggan korporasi dengan jaringan yang mencakup lebih dari 74.196 titik layanan, yang meliputi komunikasi data fiber optic, jaringan satelit, keamanan & kolaborasi yang dikelola, pusat data, komputasi awan, layanan terkelola, dan solusi total komunikasi data. Lintasarta menjamin ketersediaan koneksi jaringan (SLA) hingga 99,99% sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

LAINNYA