BANDARA | TD — AirNav Indonesia melakukan lima jurus jitu dalam mendukung gelaran World Superbike (WSBK) Mandalika di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggra Barat yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada Jumat kemarin.
Direktur Utama AirNav Indonesia, M. Pramintohadi Sukarno, memaparkan kelima jurus tersebut antara lain adalah implementasi prosedur helikopter, dukungan personel layanan navigasi penerbangan, pengoperasioan instrument landing system (ILS), penerapan prosedur penerbangan berbasis satelit (performancebased navigation/PBN), dan penyediaan slot penerbangan melalui aplikasi CHRONOS.
1. Prosedur helikopter yang kami siapkan untuk mendukung gelaran WSBK Mandalika adalah rute Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid ke Sirkuit Mandalika dan sebaliknya. Rute helikopter ini berbasis visual flight rules (VFR), dipublikasikan pada 3 Juni 2021 dan mulai efektif pada 15 Juli 2021 lalu. “Rute ini dapat digunakan untuk helikopter yang akan ditumpangi oleh pembalap, official team, panitia WSBK, penonton atau tamu VIP lainnya.” ungkap Pramintohadi, Sabtu 13 November 2021.
Selain prosedur helikopter yang telah dipublikasikan tersebut, lanjut Pramintohadi, AirNav Indonesia juga melengkapinya dengan rute helikopter penunjang lain. “Misalnya untuk kepentingan kesehatan, kami juga siapkan rute helikopter yang menghubungkan Sirkuit Mandalika dengan rumah sakit maupun area lainnya di Lombok. Prosedur ini akan dituangkan ke dalam standar operasional prosedur (SOP) yang dimiliki AirNav Indonesia Cabang Lombok,” paparnya.
2. Dalam mendukung operasional penerbangan helikopter di Sirkuit Mandalika, AirNav Indonesia menyiapkan personel layanan navigasi penerbangan yang bertugas selama perhelatan WSBK berlangsung. “Kami akan menempatkan personel air traffic controller (ATC) di Sirkuit Mandalika untuk memberikan layanan informasi penerbangan termasuk kondisi cuaca terkini dan alerting service guna memastikan lalu lintas penerbangan helikopter berjalan selamat, aman serta efisien. Jumlah personel yang ditempatkan akan kami sesuaikan dengan jumlah pergerakan helikopter di Sirkuit Mandalika,” ujar Pramintohadi.
3. AirNav Indonesia juga menambahkan peralatan navigasi penerbangan baru di Bandara Zainuddin Abdul Madjid yakni berupa ILS yang telah beroperasi sejak 17 Oktober 2021. Landas pacu di Bandara Zai- nuddin Abdul Madjid telah diperpanjang dari sebelumnya 2.750 meter menjadi 3.300 meter.
Untuk mengoptimalkan penggunaan landas pacu tersebut, AirNav Indonesia melakukan pemasangan dan pengoperasian ILS. Penggunaan ILS diharapkan dapat meningkatkan proses pendaratan pesawat udara menjadi lebih aman, selamat, presisi dan efisien AirNav.
4. Selain pemasangan ILS, di waktu yang sama AirNav Indonesia juga mulai mengoperasi- kan prosedur PBN di Bandara Zainuddin Abdul Madjid. Implementasi prosedur penerbangan berbasis satelit ini dapat meningkatkan keselamatan penerbangan, meningkatkan kapasitas ruang udara, mengurangi penggunaan avtur pesawat udara dan mendukung pelestarian lingkungan karena berkurungnya emisi CO2 yang dihasilkan pesawat udara.
5. Terkait dengan slot penerbangan, Pramintohadi, menjelaskan AirNav Indonesia siap un tuk menampung permintaan extra-flight baik untuk penerbangan kargo, carter atau keperluan lainnya selama perhelatan WSBK berlangsung. “Kami siap untuk menampung permintaan slot penerbangan melalui aplikasi CHRONOS. Perhelatan WSBK ini adalah salah satu event internasional yang dapat berkontribusi bagi pemulihan ekonomi nasional.” (Faraaz/Rom)