HUT ke-47, Bupati Bangga atas Prestasi Perumdam TKR Kabupaten Tangerang

waktu baca 6 minutes
Jumat, 14 Apr 2023 19:51 0 Redaksi TD

TANGERANG | TD — Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan kebanggaannya atas capaian dan prestasi yang telah ditorehkan Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja (Perumdam TKR) Kabupaten Tangerang.

Bupati Zaki menyatakan hal itu saat tasyakuran HUT Perumdam TKR ke-47 yang dikemas dengan acara Peringatan Nuzulul Qur’an, Santunan Anak Yatim dan Peresmian Masjid Al Anhar di kantor pusat Perumdam TKR, Kamis, 13 April 2023.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang mengucapkan terima kasih dan apresiasi serta penghargaan kepada Perumdam Tirta Kerta Raharja yang telah berkinerja baik, dan telah berhasil menjadi salah satu Perumdam terbaik di Indonesia,” ujar Bupati Zaki saat memberikan sambutan dalam acara tersebut yang disambut tepuk tangan peserta.

“Prestasi ini menjadi kebanggan bagi kita semua, Perumdam Tirta Kerta Raharja siap dijadikan percontohan di Indonesia,” imbuhnya.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyantuni anak yatim pada acara tasyakuran HUT Perumdam TKR ke-47, Kamis, 13 April 2023. (Foto : Istimewa)

Atas capaian tersebut, Bupati Zaki mengucapkan terima kasih kepada jajaran Direksi, Dewan Pengawas, dan seluruh pegawai Perumdam TKR.

“Keluarga besar Perumdam TKR sebagai bagian dari masyarakat Kabupaten Tangerang terus berupaya membangun Kabupaten Tangerang dengan ikhtiar menyediakan pelayanan air minum perpipaan kepada masyarakat Kabupaten Tangerang. Insyaallah, target RPJMD 60 persen cakupan layanan air minum untuk masyarakat Kabupaten Tangerang tahun 2023 ini dapat tercapai,” terangnya.

Senada Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang yang juga Ketua Dewan Pengawas Perumdam TKR Mochamad Maesyal Rasyid mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Perumdam TKR.

“Saya berpesan terus tingkatkan kinerja demi memberikan pelayanan air bersih kepada masyarakat Kabupaten Tangerang. Pertahankan dan terus tingkatkan produktivitas serta prestasi yang telah diraih,” ujarnya.

Sementara Direktur Utama Perumdam TKR Sofyan Sapar membeberkan, perusahan milik Pemkab Tangerang tersebut memiliki sejarah yang panjang. Dimulai sekitar tahun 1923 pada masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda dengan nama Water Leideng Bedryf tahun yang berlokasi di daerah Babakan Tangerang, kantor pusat Perumdam TKR saat ini.

Direktur Utama Perumdam TKR Kabupaten Tangerang Sofyan Sapar. (Foto : Istimewa)

Kemudian, paska kemerdekaan Republik Indonesia tahun 1945, pengelolaan Water Leideng Bedryf dialihkan ke pemerintah Republik Indonesia dimana pengelolanya berada di bawah provinsi Jawa Barat.

Tahun 1976, pengelolaanya sepenuhnya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang berdasarkan Perda No. 10/HUK/1976 tanggal 13 April 1976 dengan nama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM ) Kabupaten Tangerang.

Adapun Perubahan nama PDAM Kabupaten Tangerang menjadi PDAM Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang adalah berdasarkan Perda No. 16 Tahun 2001. Sesuai Perda No. 6 Tahun 2019 Tanggal 13 Oktober 2019 PDAM Tirta Kerta Raharja berubah menjadi Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja atau disingkat PERUMDAM TKR hal ini mengacu kepada dengan PP nomor 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

“Sejarah panjang ini sekaligus menjadi saksi perjalanan kami dalam memberikan pelayanan air minum kepada masyarakat Kabupaten Tangerang,” katanya.

Prestasi demi prestasi diukir oleh Perumdam TKR, di antaranya sebagai BUMD Air Minum terbaik selama tiga tahun berturut-turut.

Selain itu, Perumdam TKR juga pada ajang Top BUMD Awards 2023 meraih Golden Trophy karena tiga tahun berturut-turut (2020, 2021, 2022) meraih level Bintang 5.

“Kami juga membangun training center yang bekerjasama dengan USAID IUWASH,” katanya.

Terus Berinovasi

Perumdam TKR Kabupaten Tangerang meraih predikat Golden Trophy pada Top BUMD Award 2023 yang dihelat Rabu, 5 April 2023 di Jakarta. Prestasi tersebut karena selama empat tahun berturut-turut Perumdam TKR mendapatkan 4 penghargaan level Bintang 5. (Foto : Mohamad Romli/TangerangDaily)

Sofyan menerangkan, di era digital ini, Perumdam TKR terus berinovasi berpacu dengan perkembangan teknologi informasi. Di antaranya dengan menyediakan layanan berbasis digital, yaitu Customer Relationship Management (CRM) atau Manajemen hubungan pelanggan untuk melayani kebutuhan pelanggan, dan Sistem Informasi Pelanggan (Simpel TKR).

Aplikasi Simpel TKR bisa diunduh oleh pelanggan di PlayStore dan Apps Store. Fitur–fitur yang dapat dimanfaatkan pelanggan yaitu fitur Daftar Pasang Baru, Pengaduan, Lapor Meter Mandiri, Informasi Tagihan Pelanggan, dan Fitur Pembayaran.

“Melalui aplikasi Simpel TKR , pelanggan dapat melihat terlebih dahulu jumlah tagihan rekening, penyampaian pengaduan, termasuk pendaftaran pemasangan sambungan baru. Selain itu, pelanggan bisa melakukan lapor meter meter mandiri sehingga angka meter dapat dimonitoring secara bersama-sama oleh pelanggan dan pihak Perumdam TKR,” tutur Sofyan.

“Bahkan kami pun mengembangkan fitur Point Reward sebagai penghargaan bagi pelanggan setia Perumdam TKR Kabupaten Tangerang,” imbuhnya.

Selain aplikasi Simpel TKR, Perumdam TKR Kab. Tangerang juga menerapkan Customer Relationship Management (CRM). CRM adalah strategi perusahaan dalam berinteraksi kepada pelanggan melalui media teknologi informasi, dengan mempelajari sebanyak mungkin data perilaku dan kebutuhan pelanggan, untuk pengambilan kebijakan yang tepat.

CRM bekerja berdasarkan algoritma yang telah ditentukan sebelumnya sesuai dengan tujuan dan kebutuhan perusahaan. “Data interaksi yang dikelola CRM Perumdam TKR meliputi: data pribadi lengkap pelanggan, data history transaksi pelanggan, data aktivitas sosial media pelanggan, dan data history pengaduan pelanggan,” jelas Sofyan.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa ada 3 proses yang dikelola CRM Perumdam TKR, pertama, Penanganan Pelanggan lewat saluran Telepon 150117 dan WA 08111622767;  kedua, Penanganan Pelanggan lewat Media Sosial (Instagram, Twitter, Tiktok, Youtube); dan ketiga, Integrated Work Order System yaitu tindak lanjut pengaduan pelanggan secara terintegrasi dan digital mulai dari proses Administrasi, Monitoring, dan Penyelesaian Pekerjaan.

“Aplikasi Work Order berbasis Android dilengkapi dengan Web Dashboard untuk Admin Monitoring. Seluruh proses hirarki memiliki catatan waktu yang menjadi Key Perfomance Indicator (KPI)” jelas Sofyan.

“Perintah Kerja sebagai tindak lanjut pengaduan pelanggan meliputi antara lain, pasang sambungan baru, segel sambungan langganan, pemutusan sambungan langganan,penggantian water meter, perbaikan kebocoran, perintah kerja lainnya dengan SPK,” tambahnya.

Menurut Sofyan, menggunakan CRM mempermudah Perumdam TKR Kabupaten Tangerang dalam mengelola pengaduan dari berbagai kanal, yaitu telepon maupun media sosial yang terpusat di customer service.

“Dengan CRM ini lanjut kami telah berhasil menyelesaikan pengaduan lebih cepat, terukur, dan terintegrasi,” tegasnya

Sofyan menegaskan, peningkatan layanan ke pelanggan menjadi penting karena jumlah pelanggan Perumdam TKR saat ini tergolong besar, yaitu berjumlah 204.638 yang tersebar di wilayah Kabupaten Tangerang dan Tangsel, dan sebagian Kota Tangerang, bahkan memasok air ke pelanggan di wilayah Jakarta.

Kemudian, setelah penyerahan sebanyak 18.523 SL ke Perumda Tirta Benteng, Perumdam TKR berusaha memenuhi target 60 persen cakupan layanan di tahun 2023 ini, penyediaan jaringan transmisi distribusi dan retikulasi dilakukan dengan target 60.775 Sambungan Langganan.

“Hasil dari kerja keras tersebut, pada tahun buku 2021 yang sudah diaudit senilai Rp27.490.676.116,- yang telah disetorkan pada tahun 2022. Sedangkan dividen tahun buku 2022 yang belum diaudit senilai Rp27.744.542.456,-.” pungkasnya. (Red)

LAINNYA