Lebih dari 90% pemudik mengungkapkan apresiasi mereka terhadap pelayanan petugas PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang bertugas di stasiun dan kereta selama masa arus balik Lebaran 2025. Hasil ini diperoleh melalui survei kepuasan pelanggan yang dilakukan oleh Perum LKBN ANTARA, melalui unit bisnis NEXT, pada 5–8 April 2025, yang melibatkan 557 responden dari berbagai wilayah.
Direktur Komersial, Pengembangan Bisnis, dan Teknologi Informasi Perum LKBN ANTARA, Jaka Sugiyanta, mengungkapkan bahwa petugas KAI dinilai sangat tanggap dan proaktif dalam memastikan kenyamanan dan keamanan penumpang. “Upaya nyata KAI dalam menjaga keamanan dan ketertiban di stasiun dan kereta sangat diapresiasi,” ujar Jaka di Jakarta pada Jumat, 11 April 2025.
Survei ini mencakup berbagai aspek layanan, termasuk fasilitas di stasiun dan kereta, kemudahan pembelian tiket, serta dampak sosial yang ditimbulkan oleh penggunaan moda transportasi kereta api.
Menanggapi hasil survei, Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas kepercayaan yang diberikan kepada KAI. Ia menegaskan bahwa pencapaian ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh Insan KAI dan menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan. “Apresiasi ini menjadi penyemangat bagi kami untuk terus memperbaiki diri dan memberikan layanan yang lebih andal, aman, dan nyaman,” ujar Didiek.
Didiek juga menekankan komitmen KAI untuk terus berkembang guna memenuhi kebutuhan pelanggan. “Kami sangat menghargai setiap masukan dari pelanggan, dan akan terus berinovasi serta menjaga kualitas layanan melalui pengembangan layanan digital, peningkatan sarana dan prasarana, serta transformasi budaya kerja,” tambahnya.
Selama masa angkutan Lebaran yang berlangsung dari 21 Maret hingga 12 April 2025, KAI melayani total 4.707.628 pelanggan untuk perjalanan kereta api jarak jauh dan lokal di seluruh wilayah operasional KAI di Pulau Jawa dan Sumatera. KAI menyediakan total 4.591.510 tempat duduk, terdiri dari 3.443.832 seat untuk KA Jarak Jauh dan 1.147.678 seat untuk KA Lokal.
Dari total pelanggan yang dilayani, sebanyak 3.915.546 pelanggan menggunakan KA Jarak Jauh dengan tingkat okupansi mencapai 114% dari kapasitas yang tersedia. Sementara itu, pelanggan KA Lokal tercatat sebanyak 792.082 pelanggan, dengan okupansi 69% dari kapasitas yang disediakan.
“Atas capaian ini, KAI mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan seluruh pelanggan selama masa Angkutan Lebaran 2025. Keberhasilan ini mencerminkan kepercayaan dan sinergi antara KAI dan pelanggan, yang terus menjadi bagian penting dalam perjalanan transformasi layanan kami. Apresiasi masyarakat menjadi dorongan bagi kami untuk terus berinovasi dan memberikan layanan transportasi yang andal, aman, nyaman, dan berkelanjutan,” tutup Didiek.