Belajar Bahas Inggris Dengan Metode Audio Visual

waktu baca 4 minutes
Sabtu, 19 Jul 2025 18:44 0 Nazwa

OPINI | TD – Bahasa Inggris adalah bahasa yang penting terutama bagi anak usia dini. Bahasa Inggris pada anak usia dini dilakukan secara bertahap dan diajarkan hingga sebatas pengetahuan atau dasar saja,tidak secara mendalam. Bahasa Inggris bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan nyanyian ataupun permainan agar anak tidak merasa bosan dan lebih semangat dalam belajar bahasa Inggris.

Peran orang tua juga penting dalam proses belajar menggunakan bahasa Inggris dirumah meskipun dalam waktu yang singkat agar bahasa Inggris anak semakin berkembang. Banyak demikian orang Indonesia yang menganggap bahasa Inggris itu tidak penting terutama bagi anak usia dini. padahal bahasa Inggris adalah bahasa internasional, dan anak usia dini harus belajar mengetahui bahasa asing atau bahasa Inggris untuk melatih perkembangan kosakata dalam sehari hari.

Zaman modern sekarang ini, kemampuan berbahasa Inggris mesti dimiliki oleh setiap orang. Oleh karenanya, bahasa Inggris mesti diperkenalkan sejak usia dini. Salah satunya yang bisa dilakukan guna mengembangkan kosakata bahasa Inggris pada anak usia dini adalah melalui games edukasi bahasa Inggris. Games edukasi bahasa Inggris yang diciptakan untuk mengembangkan kosakata bahasa Inggris pada anak mesti memperhatikan kekhasan, perkembangan bahasa, dan teori pemerolehan bahasa anak usia dini.

Selain itu, pembelajaran Bahasa Inggris melalui metode bernyanyi merupakan suatu metode pembelajaran yang sederhana karena dalam pembelajaran ini, anak dimudahkan dalam menghafal kosakata Bahasa Inggris secara tidak langsung sehingga dapat meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata bahasa terutama Bahasa Inggris. Dengan metode bernyanyi anak-anak akan dapat mengungkapkan isi pikiran dan perasaan melalui nada dan kata-kata. Metode bernyanyi merupakan salah satu kegiatan yang bisa menumbuhkan semangat anak untuk belajar, karena metode bernyanyi dapat dilakukan sambil bermain.

Ilustrasi Tambahan. (Foto: Freepik @pch.vector)

Kemampuan seseorang dalam menggunakan bahasa Inggris sangatlah dibutuhkan seiring dengan kemajuan sebuah negara. Karenanya pendidikan bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional mulai diperkenalkan sedini mungkin kepada anak didik di Indonesia saat ini. Pendidikan bahasa Inggris akan sangat ideal jika dimulai sejak usia dini, terutama sebelum mereka menginjak umur 12 tahun. Anak usia dini adalah anak pada rentang usia 2 – 7 tahun.

Pada rentang usia tersebut merupakan periode emas perkembangan kemampuan berbahasa anak. Mereka mampu belajar bahasa apapun seperti penutur aslinya dan periodeini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Akan tetapi, anak-anak pada usia dini masih pada kondisi perkembangan kognitif praoperasional yaitu memiliki egosentris yang tinggi, belum mengerti hal-hal abstrak, hanya mengerti pada simbol-simbol dan masih berpikiran pra-logis

Media pembelajaran interaktif ini dirancang untuk membantu anak menajamkan daya ingat dan meningkatkan fokus mereka pada layanan pembelajaran. Selain memberikan pengetahuan dan pembelajaran, juga dapat memberikan hiburan bagi pengguna atau anak. Media pembelajaran audio visual ini memberikan gerakan dan suara atau gambar yang jelas tentang bahasa Inggris sejak dini, membantu anak menguasai pengenalan bahasa Inggris sejak dini, dan memudahkan anak-anak untuk belajar bahasa asing, terutama pengenalan bahasa Inggris ini.

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang harus dikenalkan kepada anak-anak sejak dini. Banyak sekolah dasar memasukkan mata pelajaran bahasa Inggris ke dalam kurikulumnya baik sebagai muatan lokal maupun di luar kurikulum. Bahasa Inggris diajarkan di sekolah dasar sebagai dasar untuk pendidikan tinggi. Berdasarkan minat tersebut, mata pelajaran bahasa Inggris harus dilaksanakan mulai dari pendidikan dasar. Menerapkan hal ini, siswa sering mengalami kesulitan memahami kosa kata ketika belajar bahasa Inggri.

Metode penyuluhan kali ini menggunakan media audio visual berupa animasi. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual berupa media animasi dapat meningkatkan rasa ketertarikan belajar yang besar dan meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Inggris. Salah satu media yang praktis dalam pengenalan Bahasa Inggris pada anak yaitu audio visual.

Sesuai dengan prinsip belajar pada anak pra sekolah yaitu bermain sambil belajar, pembelajaran bahasa Inggris pun harus disajikan dengan bermain, menyenangkan, serta menggunakan media yang menarik. Dengan kemajuan teknologi dalam pendidikan, khususnya pengajaran, manusia berfikir selangkah lebih maju. Dengan harapan anak-anak usia dini semakin mudah untuk merespon, memahami, memotivasi dan menambah kosakata Bahasa Internasional anak. Dengan penerapan audio visual dalam pengenalan Bahasa Inggris dapat meningkatkan respon, memahami, memotivasi dan menambah kosakata anak.

Sebagai kesimpulan, Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang penting untuk diperkenalkan sejak usia dini karena periode ini merupakan masa emas perkembangan bahasa anak. Pembelajaran bahasa Inggris pada anak usia dini sebaiknya dilakukan secara bertahap dan menyenangkan, seperti melalui lagu, permainan, dan media audio visual.

Metode-metode tersebut tidak hanya membantu anak menghafal dan memahami kosakata secara alami, tetapi juga meningkatkan minat belajar mereka. Peran orang tua dan guru sangat penting dalam mendampingi proses belajar ini, meskipun dalam waktu singkat di rumah. Dengan pendekatan yang tepat, anak-anak akan lebih termotivasi dan mudah menguasai bahasa Inggris sebagai bekal menghadapi perkembangan zaman dan tuntutan global.

Penulis: Karolina (Universitas Muhammadiyah Tangerang)

Editor: Nazwa

LAINNYA