Angkasa Pura II Fokus Bangun Hotel di Bandara Soekarno-Hatta dan Kualanamu

waktu baca 2 minutes
Jumat, 25 Feb 2022 12:10 0 Redaksi TD

BANDARA | TD — PT Angkasa Pura II (Persero) fokus mengembangkan bisnis hotel di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang dan Bandara Kualanamu, Medan. “Fokus pembangunan hotel saat ini masih di kedua bandara tersebut,” ujar President Director AP II Muhammad Awaluddin, Jumat 25 Februari 2022.

Adapun saat ini AP II memiliki 3 hotel di kawasan Bandara Soekarno-Hatta dan 1 hotel di Bandara Kualanamu. “Di samping itu, tengah dibangun 1 hotel di Terminal 3 Area Domestik dan ke depannya direncanakan pembangunan 1 hotel di Bandara Kualanamu,” kata Awaluddin.

Menurut Awaluddin, Bandara Soekarno-Hatta dan Kualanamu adalah dua bandara dengan lalu lintas penerbangan lebih tinggi dibandingkan dengan bandara-bandara AP II lainnya, di mana di kedua bandara itu juga terdapat sejumlah penerbangan lanjutan (connecting flight). “Permintaan untuk hotel cukup tinggi di kedua bandara ini.”

Pembangunan hotel di Bandara Soekarno-Hatta, kata dia, juga untuk meningkatkan daya saing bandara ini dengan bandara-bandara kelas dunia lainnya. Bandara Soekarno-Hatta saat ini sudah memiliki berbagai fasilitas seperti Skytrain, Stasiun Kereta Bandara, Heliport, Hotel Bintang 4, lalu Hotel Kapsul dan berbagai fasilitas lounge. “Saat ini juga tengah dibangun 1 hotel di Terminal 3 Area Domestik,” jelas Muhammad Awaluddin.

Untuk pembangunan hotel di dua bandara tersebut, perusahaan pelat merah ini menggandeng PT Hotel Indonesia Natour (HIN).

Dua perusahaan tersebut menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) tentang Rencana Kerja Sama Penyediaan Jasa Operator Hotel, Kamis 24 Februari 2022.

Melalui MoU ini, akan dikaji rencana kerja sama pengelolaan hotel milik AP II oleh anak usaha HIN yaitu PT Hotel Indonesia Group.

Awaluddin mengatakan kolaborasi antara AP II dan HIN mendukung PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney Holding dalam memperkenalkan Indonesian Hospitality di sektor pariwisata dari hulu hingga hilir.

“Indonesian Hospitality adalah nilai unik atau unique value proposition dari pariwisata Indonesia. Rencana kerja sama AP II dan HIN yang merupakan anggota dari InJourney Holding ini guna mendukung terwujudnya Indonesian Hospitality di sektor pariwisata dari hulu hingga hilir, di mana traveler atau wisatawan akan merasakan layanan dan fasilitas dengan konten lokal berlandaskan Indonesian Hospitality mulai dari bandara, hotel, destinasi wisata dan lokasi lainnya.” (Faraaz/Rom)

LAINNYA