4 Langkah Lebih Mudah Menggunakan Google Maps Untuk Memasarkan Produk

waktu baca 3 menit
Selasa, 10 Sep 2024 10:28 0 314 Patricia Pawestri

UMKM | TD – Di era digitalisasi ini, para pengusaha atau pelaku UMKM semakin mudah memperkenalkan usahanya karena adanya jejaring yang dapat digunakan hingga seluruh dunia.

Salah satu jejaring yang cukup kuat dalam pengenalan usaha atau bisnis offline adalah Google Maps. Dengan menampilkan alamat dan jenis usaha di aplikasi tersebut, maka bisnis menjadi lebih mudah ditemukan dan diakses oleh rekanan dan konsumen.

Dampak yang sangat positif dari Google Maps sering terjadi pada usaha kecil di daerah terpencil. Salah satu usaha warung makan di sebuah pantai Gunung Kidul, misalnya, dapat lebih mudah ditemukan melalui aplikasi Google Maps atau Gmaps ketika ada konsumen membutuhkannya.

Perjalanan konsumen menjadi lebih mudah karena Gmaps menyediakan rute agar tidak tersesat dan dapat segera beristirahat serta makan di warung tersebut.

Dan bila pelayanan serta rasa makanannya cocok, konsumen dapat memberikan review atau ulasan yang akan menjadi referensi bagi orang lain yang sedang mencari kebutuhan yang sama. Promosi dari konsumen dengan cara demikian akan sangat berdampak karena dapat lebih dipercaya oleh konsumen lainnya ketimbang sekedar iklan.

Dengan demikian akses para konsumen ke warung makan tersebut menjadi lebih mudah, dan penjualan pun meningkat. Dampak peningkatan penjualan ini bahkan dapat mencapai 30 kali lipat pada warung pecel pincuk yang sederhana di pinggir jalan di Jalan Dagen, di wilayah perbelanjaan Malioboro, Yogyakarta.

Dengan demikian, dapat disimpulkan penggunaan Google Maps dapat membantu mengelola bisnis agar mendapatkan pemasaran yang bagus.

Berikut ini adalah langkah mudah untuk menggunakan Google Maps untuk memasarkan produk atau bisnis:

1. Menjadi reviewer terlebih dahulu.

Jejak atau rekam perjalanan Anda melalui Google perlu diaktifkan terlebih dahulu sebelum Anda memulai review yang pertama. Semakin lama usia keaktifan rekam jejak ini merupakan sumber kredibilitas Anda sebagai reviewer.

Jadi, sering-seringlah bepergian membawa handphone, di mana jejak perjalanan Anda dapat aktif terekam oleh Google. Dan berikan review yang baik, atau sesuai pengalaman Anda, untuk tempat-tempat yang Anda kunjungi.

2. Mengklaim adanya sebuah usaha.

Anda dapat mengklaim sebuah titik di Gmaps dan mengisinya dengan sebuah review sebagai pengunjung agar Google mulai menandai titik tersebut sebagai tempat usaha yang baru. Jangan lupa sertakan foto yang diambil langsung dengan kamera handphone yang Anda bawa.

Selanjutnya, salinlah link dari titik tersebut dan bagikanlah pada pengunjung agar ikut memberikan review. Semakin banyak review, maka semakin cepat Google mengakui adanya bisnis tersebut, dan juga akan membuatnya lebih terlihat di Gmaps.

Dan, bila titik tempat usaha sudah mulai terlihat jelas, maka itulah saat yang tepat untuk mengklaimnya sebagai pemilik usaha.

3. Mengklaim usaha sebagai pemilik resmi.

Klik pada tool ‘klaim bisnis ini’ saat Anda membuka titik usaha tersebut di Gmaps. Kemudian tuliskan mengenai detail usaha yang diminta oleh Google.

Klaim berhasil bila ada respon verifikasi dari Google melalui email, sms, atau telepon. Seringkali verifikasi baru berhasil dengan memberikan video usaha.

Bila dibutuhkan, buatlah video yang meliputi jalan di sekitar tempat usaha, hingga masuk ke dalam ruang usaha. Jangan lupa menampilkan papan nama usaha lengkap dengan alamat yang jelas agar Google dapat segera memverifikasi jika bisnis tersebut memang ada.

4. Memposting foto di Gmaps secara rutin.

Posting foto produk atau promo acara yang akan terselenggara di tempat usaha Anda. Dengan cara inilah trafik tampilan bisnis akan tetap naik dan dapat diakses dengan mudah oleh konsumen.

Anda dapat membuat perencanaan foto-foto yang akan diposting, dan mengunggahnya setiap dua hari sekali. Berikan juga link tempat bisnis Anda tersebut kepada setiap pengunjung agar review menjadi semakin banyak. Karena, semakin banyak review akan menjadikan calon konsumen semakin percaya dan tertarik untuk berkunjung serta membeli.

Demikian langkah-langkah yang lebih mudah menggunakan Google Maps untuk memasarkan produk Anda.

 

LAINNYA