BeritaKesehatanTips

7 Tips untuk Menyegarkan Kembali Jiwa yang Lelah

64
×

7 Tips untuk Menyegarkan Kembali Jiwa yang Lelah

Sebarkan artikel ini
Meluangkan waktu untuk mendengarkan suara-suara di alam dapat menjadi salah satu cara menyegarkan jiwa yang lelah. (Foto: Pixabay @ShooInau)
Bagikan:

KESEHATAN | TD – Barangkali sesuatu yang terjadi secara tiba-tiba dan tak diharapkan, atau rutinitas yang melelahkan mulai terasa membosankan, bahkan dapat mengganggu kesehatan mental.

Penyegaran kembali dapat menjadi solusi untuk mengembalikan semangat dan gairah jiwa juang menghadapi segala bentuk rintangan dalam hidup.

Berikut ini 7 tips untuk menyegarkan kembali jiwa yang bosan sehingga dapat kembali produktif dalam kegiatan sehari-hari:

1. Mendengarkan suara alam selama 5 menit.

Ada kalanya seseorang yang begitu sibuk harus menghentikan segala kegiatannya dan menyisihkan waktu untuk mendengarkan suara-suara yang berasal dari alam. Lima menit kiranya cukup untuk memberikan indera pendengaran kesempatan untuk mendengarkan nyanyian burung, desiran angin, atau suara daun yang bergemerisik lembut.

Penelitian mengungkapkan bahwa mendengarkan audio-audio alami selama 5 menit dapat mengurangi depresi, cemas berlebih, dan paranoia.

2. Pergi ke dokter gigi.

Jika mempunyai dana sedikit lebih, Anda dapat melakukan penyegaran dengan mengunjungi dokter gigi dan melakukan perawatan gigi.

Selain merawat kesehatan gigi dan mulut, dokter juga dapat membantu Anda tampil lebih baik dengan gigi yang dipercantik, misalnya dengan veneer gigi, atau behel.

Dalam penelitian medis, kesehatan gigi dan mulut disebut dapat menjadi salah satu faktor yang mendorong demensia atau kepikunan. Karena itulah, merawat kesehatan gigi dan mulut juga berarti merawat semangat dan kesehatan mental.

3. Melatih tubuh dan pikiran.

Latihan fisik, seperti olahraga ringan lari ataupun gymnastik, dapat membantu merawat kesehatan mental dan juga semangat Anda. Begitu juga dengan memilih makanan cukup serat dan gizi. Karena jika dukungan makanan yang sehat tidak dipenuhi, tubuh sekaligus jiwa, perlahan akan kehilangan energi dan semangat yang cukup untuk melakukan berbagai aktivitas harian.

Selain latihan fisik, melatih pikiran agar tetap dinamis dengan keadaan sekitar juga diperlukan. Caranya, berbaurlah dengan tetangga, teman senam, atau rekan sekerja. Memberikan sumbagsih kepada orang lain akan menjadikan diri Anda terasa penting, meski tidak sampai meninggikan diri.

4. Melatih pernapasan.

Latihan pernapasan yang tepat dapat meningkatkan kemampuan diri untuk memperlambat detak jantung. Perlambatan ini berguna untuk meredakan ketegangan pikiran dan mengatur suasana hati yang lebih damai.

Latihan pernapasan juga penting untuk memperkuat fungsi paru-paru. Bahkan, latihan pernapasan rutin dapat menyembuhkan asma yang seringkali merupakan manifestasi dari kumpulan kecemasan dan alergi tubuh.

5. Berkonsultasi dengan tenaga medis atau terapis.

Kecemasan yang meningkat dan mulai mengganggu aktivitas rutin dapat diatasi melalui konsultasi dengan dokter, psikolog, atau psikiater.

6. Membicarakan kejenuhan Anda kepada orang yang dapat dipercaya.

Seringkali, hanya perlu mengatakan apa yang menjadi perasaan jenuh atau beban pikiran kita kepada orang terdekat yang dapat diandalkan, misalnya ibu, saudara dekat, atau pasangan. Mintalah pelukan, belaian, atau genggaman tangan yang lembut yang dapat membantu Anda merasa ringan dan lepas dari kepenatan.

7. Berendam dengan air hangat.

Air hangat, ditambah dengan wewangian dan busa sabun yang melimpah, dapat menjadi salah satu sarana untuk menyegarkan pikiran dan tubuh yang letih karena beban tugas yang terus menerus.

Energi yang didapat dari air juga akan membantu Anda membersihkan pikiran, bahkan memberikan ide atau gagasan baru yang luar biasa demi kelancaran aktivitas Anda selanjutnya.

Demikianlah 7 tips untuk menyegarkan kembali jiwa yang bosan karena aktivitas sehari-hari. (Pat)

 

Bagikan: