UMKM | TD – Strategi pemasaran yang tepat dapat membantu penjualan produk secara maksimal dengan cara menjangkau target pasar yang diinginkan.
Sebuah produk yang mempunyai kualitas bagus belum tentu mendapatkan angka penjualan yang tinggi. Karena bisa jadi strategi pemasaran yang kurang tepat, sehingga tidak berhasil mendapatkan atensi dan dikenal oleh banyak orang.
Dengan strategi pemasaran, sebuah produk dipromosikan hingga menjangkau target pasar yang tepat. Promosi ini bertujuan meningkatkan penjualan, dan dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan atau selera pasar tersebut.
Berikut ini 5 strategi pemasaran yang dianggap cukup efektif untuk menjaring konsumen dan menaikkan penjualan:
1. Menggunakan SEO
SEO atau Search Engine Optimization atau optimalisasi halaman pencari adalah strategi untuk membuat produk semakin terlihat di halaman pencarian sebuah browser internet.
Semakin banyak produk terlihat calon konsumen di internet, diharapkan semakin menarik calon konsumen dan dapat meningkatkan angka penjualan. Agar produk menempati ranking atau urutan teratas halaman pencarian, maka perlu menyematkan kata kunci yang terkait pada setiap halaman website produk.
2. Memanfaatkan Media Sosial
Strategi pemasaran menggunakan media sosial, seperti facebook, fanpage, instagram, atau sejenisnya, dapat membantu pengusaha lebih dekat dan akrab dengan calon konsumen. Dengan kedekatan ini pemasar dapat membentuk loyalitas dan kepercayaan konsumen sehingga lebih mudah mencapai kesepakatan atau penjualan.
3. Mendaftarkan tempat usaha di Google
Google Map, atau GMaps dapat membantu sebuah usaha dikenal oleh masyarakat sekitar hingga seluruh dunia. Karena aplikasi ini telah familiar dan sering digunakan oleh hampir semua orang ketika bepergian atau mencari sesuatu yang mereka perlukan.
Layanan ini sangat cocok untuk membantu usaha-usaha offline agar dikenal lebih luas, hingga bisa mengarahkan pembeli untuk datang ke tempat usaha dan membeli produk.
Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah ulasan pembeli terdahulu dapat membantu orang lain untuk lebih mempercayai produk dan meningkatkan penjualan.
4. Membuat Website Usaha
Website berperan penting dalam memperkenalkan produk atau bisnis kepada calon konsumen. Citra dan kepercayaan akan kualitas produk dapat dibangun melalui website dengan tujuan menaikkan potensi penjualan produk.
Untuk bisnis yang ideal, gunakan situs jejaring tersebut dengan hostinger yang tepat untuk membantu mengelola tampilan situs agar menarik minat pembeli.
5. Menggandeng influencer
Influencer yang tepat dapat meningkatkan trafik penjualan. Pilihlah influencer yang mempunyai banyak pengikut yang termasuk pada kualifikasi calon pembeli yang diinginkan untuk membeli produk.
Demikianlah 5 strategi pemasaran yang dapat diterapkan untuk menjaring konsumen dan menaikkan angka penjualan. (Pat)