Tanggul Kali di Pasar Kemis Jebol, Perumdam TKR Respon Cepat Kebutuhan Air Pelanggan

waktu baca 2 menit
Senin, 17 Okt 2022 20:44 0 102 Redaksi TD

KABUPATEN TANGERANG | TD — Perumdam Tirta Kerta Raharja (TKR) merespon cepat atas gangguan layanan air di wilayah Tangerang Rajeg akibat jebolnya tanggul di sekitar Kali Jembatan Bungkus, Desa Pangadegan, Kecamatan Pasar Kemis.

Respon tersebut dengan mengirimkan air dalam tangki ke pelanggan yang terhenti pasokan airnya akibat berkurangnya produksi air di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Rajeg.

Direktur Perumdam TKR Kabupaten Tangerang Sofyan Sapar menjelaskan, pasokan air untuk produksi di IPA Rajeg dipasok dari kali tersebut. Jebolnya turap air pada 15 Oktober 2022 membuat produksi air di IPA Rajeg tidak berjalan maksimal, sebab debit air berkurang drastis.

“Saat ini produksi air di IPA Rajeg menurun drastis, karena minimnya debit air di kali Jembatan Bungkus. Dampaknya sekitar 3.000 pelanggan kami di wilayah Rajeg terganggu pelayanan air bersihnya,” ungkapnya saat dikonfirmasi Senin, 17 Oktober 2022.

Perumdam Tirta Kerta Raharja (TKR) merespon cepat atas gangguan layanan air di wilayah Tangerang Rajeg akibat jebolnya tanggul di sekitar Kali Jembatan Bungkus, Desa Pangadegan, Kecamatan Pasar Kemis.

Tanggul di sekitar Kali Jembatan Bungkus, Desa Pangadegan, Kecamatan Pasar Kemis. Dampak dari insiden tersebut, produksi air bersih di instalasi pengolahan air (IPA) Rajeg Perumdan TKR tidak maksimal yang berdampak pada terganggunya layanan bagi sekitar 3.000 pelanggan di Rajeg. (Foto : Istimewa)

Sofyan mengatakan, pihaknya sudah melaporkan jebolnya tanggul kali itu kepada pihak yang berwenang yakni Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSC2) agar segera melakukan perbaikan.

“Karena untuk urusan infrastruktur sungai kewenangannya ada di BBWSC2. Kami sudah mengirimkan surat meminta segera ada perbaikan, sehingga produksi air di IPA Rajeg bisa segera normal kembali,” terangnya.

Sofyan merinci, sebanyak 3.000 pelanggan Perumdam TKR yang terganggu pelayanan air bersihnya tersebar di KSM Griya Berkah Insani, KSM Permata Rajeg, KSM Subur Makmur, Perumahan Puri Mekar, Perumahan Graha Mekarsari, Perumahan Griya Bintang, Perumahan Pondok Sukatani Permai.

“Kami berharap segera ada perbaikan tanggul oleh pihak BBWSC2,” imbuhnya.

Guna memenuhi kebutuhan air pelanggan di wilayah terdampak, kata Sofyan, sejak Minggu, 16 Oktober 2022, pihaknya mendistribusikan air bersih melalui mobil tangki.

“Distribusi air bersih tersebut akan terus kami lakukan sampai produksi air di IPA Rajeg kembali normal,” pungkasnya. (Red)

Unggulan

LAINNYA