Tahun Kelinci Air 2023, Tahun yang Damai dan Makmur

Tahun 2023 dinisbatkan sebagai Tahun Kelinci Air yang akan membawa suasana damai, rileks, dan makmur. (Foto: Istimewa)
Bagikan:

TANGERANG | TD – Pemerintah menetapkan perayaan Imlek atau tahun baru Cina pada tahun ini jatuh pada 22 Januari 2023.

Sejak awal bulan, berbagai elemen Imlek telah dipasang di mana-mana. Elemen yang paling menonjol adalah segala sesuatu bergambar kelinci pada tahun ini.

Kata Imlek berasal dari bahasa Hokian “Im” dan “Lek”. “Im” berarti bulan, dan “Lek” berarti kalender atau penanggalan. Jadi, Imlek adalah kalender bulan atau penanggalan berbasis bulan.

Di barat, Tahun Baru Cina atau Imlek disebut “Lunar New Year” atau “Chinese New Year“. Sedangkan di negeri asalnya, orang-orang menyebut Imlek sebagai Guo Nian atau Xin Jia yang berarti “lewat bulan” atau “bulan baru”. Penyebutan Imlek sendiri hanya ada di Indonesia.

Menurut horoskopi Tionghoa, tahun 2023 ini dinisbatkan sebagai Tahun Kelinci Air. Dalam tradisi Tionghoa, Kelinci Air melambangkan harapan, kedinamisan, umur panjang, kedamaian, dan kemakmuran.

Tahun Kelinci Air tersebut akan berlangsung dari 22 Januari 2023 hingga 9 Februari 2024.

Disebutkan, tahun kelinci menempati urutan ke-4 dalam siklus 12 tahunan shio. Sehingga mereka yang lahir pada 1915, 1927, 1939, 1951, 1963, 1975, 1987, 1999, 2011, 2023, dan seterusnya dalam kelipatan 12 tahun, mempunyai shio kelinci.

Adalah legenda yang beredar dalam masyarakat Tionghoa, sebuah cerita tentang Dewi Bulan Chang’e yang mempunyai peliharaan kesayangan berupa kelinci.

Kelinci Sang Dewi Bulan disebut sebagai makhluk paling ramah. Keramahannya sebanding dengan kecantikan Sang Dewi, sehingga dianggap bahwa Si Kelinci adalah inkarnasi dari Dewi Bulan sendiri.

Kelinci yang merupakan inkarnasi Dewi Bulan, juga menjadi simbol kemurnian dan keberuntungan.

Orang-orang yang lahir di tahun kelinci disebut sebagai orang yang mempunyai sifat ramah, mudah bergaul, mempunyai sikap yang sopan dan lembut, serta berpenampilan elegan, dan berhati mulia.

Dalam sebuah laporan tertulis, sifat Tahun Kelinci Air 2023 berlawanan dengan 2022 yang merupakan Tahun Macan Air.

Jika Tahun Macan Air 2022 merupakan tahun Yang dengan sifat yang aktif, antusis, positif, produktif, sekaligus gelisah dan fleksibel. Maka Tahun Kelinci Air 2023 merupakan tahun Yin dengan sifat yang pasif, rileks, mengalir, tenang, dan kontemplatif.

Tahun Kelinci Air 2023 akan memberikan waktu untuk perenungan, istirahat, memelihara tubuh dan jiwa.

Tahun Kelinci Air 2023 dan Tahun Macan Air 2022  akan saling melengkapi dalam bagan horoskopi Yin dan Yang dengan kedua kelompok sifatnya yang berlawanan tersebut. ***

Bagikan: