Viral, Buaya Muncul di Perairan Pantai Anyer Serang

Penampakan seekor buaya di pantai Anyer, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang viral di media sosial.
Seekor buaya muara sedang berjemur di atas karang pantai Taman Jaya, Kecamatan Sumur, Pandeglang beberapa waktu yang lalu. (Foto : Dok. warga untuk TangerangDaily)
Bagikan:

BANTEN | TD — Penampakan seekor buaya di pantai Anyer, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang viral di media sosial.

Peristiwa itu terjadi pada Sabtu, 2 Juli 2022 sekitar pukul 11.00 WIB.

Dalam sebuah video amatir yang diunggah ke akun TikTok, buaya itu muncul ke permukaan, terdengar teriakan seorang warga yang menunjuk ke arah buaya. Tak lama, hewan pemangsa itu lalu tak nampak lagi.

Kapolsek Cinangka Ajun Komisaris Agustian membenarkan kemunculan buaya di sekitar pantai Anyer Cinangka, “Benar kemunculan buaya terlihat oleh warga disekitar pantai dan banyak warga berdatangan ke lokasi untuk mengambil foto dan video,” kata Agustian dikutip Senin, 4 Juli 2022.

Agustian mengimbau untuk sementara waktu warga jangan melakukan aktivitas di pinggiran pantai, “Untuk sementara waktu warga jangan melakukan aktivitas di pinggiran pantai karena kemunculan buaya,” katanya.

Selain di pantai Anyer, buaya muara atau Crocodylus porosus kerap muncul dan berjemur di atas karang di pantai Taman Jaya, Desa Taman Jaya, Kecamatan Sumur, dekat kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Pandeglang.

Kesaksian warga setempat, buaya itu kerap berjemur di atas karang. “Tapi tidak pernah kami ganggu, hanya kadang jadi tontonan saja,” kata Doni, warga setempat.

Kemunculan buaya muara ke sekitar pantai, lanjut Doni, diduga karena rusaknya habitat mereka di muara karena aktivitas pembukaan tambak udang. “Sejak dibuka lahan untuk tambak udang, sering muncul buaya di sekitar pantai Paniis, Ujung Jaya hingga Taman Jaya,” katanya.

TangerangDaily pernah berkunjung ke lokasi yang konon sering muncul penampakan buaya berjemur di atas karang tersebut. Posisi karang tak jauh dari bibir pantai persis di pinggir Jalan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Desa Taman Jaya, Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Warga Jadi Korban Digigit Buaya

Pada Kamis, 11 Februari 2021 lalu, Suniah (45), nyaris kehilangan nyawanya karena diserang dan digigit buaya muara saat mencari kerang di sebuah muara di Kampung Peundeuy, Desa Taman Jaya, Kecamatan Sumur, Pandeglang.

Peristiwa menegangkan itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB.

Korban saat itu sedang mencari kerang di muara. Tidak diketahui pasti awal buaya berukuran besar tiba-tiba menyerang dirinya.

Beruntung saat itu ada warga yang mendengar teriakan minta tolong Suniah. Sarnan yang masih keluarga korban, bergegas ke asal suara itu, dan kaget bukan kepalang ketika melihat saudarinya tengah bergelut di muara dengan seekor buaya.

“Saat saya berlari ke arah suara, ternyata itu saudara saya. Dia sudah di tengah muara dengan posisi berdiri dengan ketinggian air sedada sedang digigit buaya,” terangnya saat dihubungi TangerangDaily.

Tanpa berpikir panjang, Sarnan pun langsung menceburkan diri ke muara. Ia menarik tubuh korban yang saat itu sudah tak lagi bisa bersuara karena syok.

Sarnan berjibaku sendiri menyelamatkan korban. Padahal saat itu ada satu warga lainnya, tetapi justru lari karena ketakutan.

“Saya terus tarik ke darat, namun buaya tersebut tidak mau melepas gigitan di paha saudara saya itu,” katanya.

Perjuangan Sarnan menyelamatkan kerabatnya berlangsung sekitar 20 menit. Sarnan mengerahkan seluruh tenaganya, karena buaya tidak mau melepaskan gigitannya.

“Baru setelah nyampe di daratan, buaya itu melepas gigitannya dan kembali ke muara,” tambahnya.

Sarnan lalu membawa korban ke perkampungan. Darah korban bercucuran karena gigitan itu merobek paha kirinya.

Selanjutnya korban dibawa oleh aparat desa setempat ke Puskesmas Sumur untuk mendapatkan tindakan medis.

Ditanya jumlah buaya di muara itu, Sarnan mengaku sering melihat beberapa ekor. Namun, ada dua yang berukuran besar. (Red)

Bagikan:

Pos terkait