BMKG : Gempa Tektonik 5,5 SR di Bayah Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Tektonik yang mengguncang Kecamatan Bayah, Lebak pada Jumat sore, pukul 17.10 WIB tidak berpotensi tsunami.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tangerang mengaktifkan alat pendeteksi gempa dan tsunami sebagai kesiapsiagaan dan peringatan dini bencana. (Foto: Istimewa)
Bagikan:

JAKARTA | TD — Gempa Tektonik yang mengguncang Kecamatan Bayah, Lebak pada Jumat sore, pukul 17.10 WIB tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG) Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, gempa tersebut berlokasi di laut pada jarak 63 Km arah Barat Daya Bayah, Banten pada kedalaman 55 Km.

Bacaan Lainnya

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,2. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,48° LS ; 105,92° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 63 Km arah Barat Daya Bayah, Banten pada kedalaman 55 km,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima TangerangDaily.

Bambang menjelaskan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya deformasi batuan pada kerak samudra Lempeng Indo-Australia.

Selain itu, jelas Bambang, sempat terjadi gempa susulan hingga pukul 17.35 WIB. “Hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya satu aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo M3,0.”

Bambang mengimbau masyarakat tetap tenang. “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” pungkasnya. (Red/Rom)

Bagikan:

Pos terkait