2023, Pemprov Banten Mulai Mencicil Hutang PT SMI Mencapai Rp 138 Miliar Lebih

Bagikan:

PROVINSI BANTEN – Tahun 2023, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mulai mencicil hutang PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dengan total anggaran mencapai Rp 138 miliar lebih.

Cicilan hutang kepada PT SMI oleh Pemrov Banten tersebut berlaku untuk beberapa tahun-tahun kedepan, dengan nilai sama hingga hutang PT SMI tersebut benar-benar lunas.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah dan Aset (BPKAD) Provinsi Banten Rina Dewiyanti mengatakan, cicilan kepada PT SMI dari Pemprov Banten sudah tercantum dalam Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun Anggaran 2023.

“Sebelumnya sudah sering dibahas (dijelaskan). Pembayaran cicilan pokok Utang kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (“PT SMI”) sebesar Rp138.497.733.036 sudah tercantum dalam Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Tahun Anggaran 2023,” kata Rina kepada www.tangerangdaily.id melalui pesan whatapp baru-baru ini.

Seperti diketahui, cicil utang kepada PT SMI oleh Pemprov Banten ini muncul pada akhir-akhir 2020 lalu sebagai upaya Pemprov Banten menghadapi covid 19 melalui program PEN. Dimana, saat itu Pemprov Banten memiliki keinginan untuk menyelesaikan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur yang ada. Namun, satu sisi virus covid 19 mulai mewabah, menyebabkan Pemprov Banten terpaksa harus berhutang kepada PT SMI dengan nilai mencapai Rp 800 miliar lebih untuk memuluskan rencana pembangunan di daerah.

Menanggapi rencana cicilan kepada PT SMI oleh Pemprov Banten tahun depan dan tahun-tahun selanjutnya tersebut, Pj Gubernur Banten Tranggono mengaku optimis kedepan Pemprov Banten bisa melunasi hutang PT SMI hingga selesai, meski kondisi ekonomi dunia diprediksi akan mengalami perlambatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Optimis lah kita bisa,” tegas Tranggono.(DEN/ROM)

 

 

Bagikan: