“Start Your Move.” Troveast, brand lokal yang didirikan oleh Eko Prasetyo, menciptakan solusi fashion fungsional sekaligus stylish untuk gaya hidup perkotaan yang cepat dan modern. (Foto: Ist)TANGERANG | TD — Troveast, brand pakaian lokal asal Tangerang yang berdiri sejak tahun 2022, sukses sebagai solusi fashion bagi masyarakat yang aktif dan fungsional sekaligus stylish. Didirikan oleh Eko Prasetyo, Troveast berawal dari pengalaman pribadinya semasa kuliah yang kesulitan mencari jaket yang aman dan nyaman untuk kegiatan di luar ruang, namun tetap terlihat rapi dan pantas digunakan di dalam ruangan. Keterbatasan inilah yang menciptakan jaket berkualitas menggabungkan fungsi outdoor dengan estetika urban minimalis yang dirancang khusus untuk kehidupan perkotaan yang cepat dan modern.
Troveast hadir menjembatani kebutuhan antara produk outdoor yang cenderung kaku dan fashion urban untuk meningkatkan fungsionalitas. Dengan tagline “Start Your Move”, yang berarti mulailah gerakanmu, Troveast ingin menjadikan penyemangat yang menemani setiap perjalanan. Perbedaan utama Troveast terletak pada keseimbangan antara fungsi, gaya, dan kenyamanan dari penggunaan material berkualitas tinggi yang dikembangkan. Desain yang dirancang spesifik untuk gaya hidup urban ini menghadirkan beragam pakaian seperti jaket, tas, celana, dan kaos untuk pria dan wanita.
Dimulai dengan produksi dalam jumlah kecil dan pemasaran melalui media sosial, kini Troveast telah berkembang pesat. Saat ini, Troveast berlokasi di Ruko Pinus Niaga Centre, Tangerang, yang telah mempunyai puluhan karyawan dan memiliki gudang penyimpanan sendiri. Eksistensi Troveast tidak hanya kuat secara nasional, tetapi juga di kancah Internasional yang memiliki pengikut di Instagram mencapai lebih dari 153 ribu.
Dalam proses produksi, Troveast sangat teliti dalam mengelola seluruh material bahan dan aksesoris. Mengembangkan dan melakukan uji coba pada setiap bahan untuk memastikan kualitas dan menjaga konsistensi produk mulai dari bahan, jahitan, aksesoris, hingga dilakukan pengetesan terlebih dahulu sebelum dipasarkan.
Menyadari industri pakaian penuh dengan kompetitor, salah satu strategi utama Troveast adalah fokus membangun brand yang kuat melalui konsistensi dentitas dan kualitas produk, diikuti dengan pemasaran yang optimal. Melalui strategi pemasaran yang kuat, kolaborasi dengan brand lain dan komunitas, serta kerja sama dengan logistik seperti JNE untuk mengoptimalkan proses pengiriman pemesanan. “Ke depannya kami ingin terus mengembangkan produk outdoor premium berkualitas yang relevan dengan gaya hidup urban minimalis, dan terus memperluas jangkauan brand secara nasional hingga Internasional.” Ungkap Eko, Senin, 17 November 2025.
Sejak tahun 2014, Eko Prasetyo telah mempercayakan JNE sebagai mitra logistik. Konsistensi dalam pengiriman ini menjadikan Eko Prasetyo bergabung sebagai anggota JNE Loyalty Card (JLC). “Selama saya bergabung menjadi anggota JLC, banyak manfaat yang saya dapat di mana dalam setiap transaksi pengiriman dapat menghasilkan poin yang bisa ditukarkan dengan beragam reward. Mulai dari penukaran menjadi voucher belanja, penukaran dengan barang elektronik, hingga saya pernah melakukan penukaran tiket menonton konser Dewa 19 All Stars 2.0 pada September 2025 lalu.” jelasnya.
Dalam rangka memperingati ulang tahun ke-35 pada November 2025 dengan mengusung tema “Bergerak Bersama”, JNE menghadirkan kolaborasi spesial dengan Troveast dalam program podcast “Cerita Bersama Brand Lokal” yang akan tayang perdana pada 1 November 2025 di channel YouTube resmi JNE ID. Jangan lewatkan, akan ada giveaway menarik berupa produk Troveast. (*)