Kembali Raih Peringkat 1 se-Indonesia, Perumdam TKR Siapkan Terobosan Lagi

waktu baca 6 minutes
Sabtu, 27 Feb 2021 18:03 0 Redaksi TD

Selain kasus tersebut, pengaduan pelanggan yang diterima adalah kelebihan pencatatan pemakaian air oleh Perumdam TKR. Untuk kasus tersebut, langkah yang dilakukan adalah reduksi tagihan serta perubahan rekening air pelanggan dan dilakukan perubahan rekening pada bulan berikutnya. Sehingga, terjadi kecocokan antara data di meteran air pelanggan dengan data di Perumdam TKR.

“Perbaikan rekening kami lakukan kalau pelanggan sudah benar-benar membuktikan bahwa benar angka di meteran tidak sesuai dengan yang ditagihan. Tapi ada beberapa pelanggan yang belum melakukan pembuktian tapi sudah melapor kemana-mana, salah satunya Ombudsman Banten. Kira-kira ini yang harus dipahami oleh pelanggan kami,” kata Sofyan.

Sofyan berharap, dengan menggunakan aplikasi Simpel TKR, kasus tersebut tidak terulang kembali. Namun untuk mencapai hal itu, dibutuhkan keaktifan pelanggan melaporkan pemakaian air sebelum tanggal 20 setiap bulannya.

Sementara itu, Dedy Irsan, Kepala Ombudsman Perwakilan Banten, mengatakan pihaknya menerima beberapa pengaduan dari pelanggan Perumdam TKR terkait lonjakan tagihan.

Dedy mengatakan, persoalan yang dihadapi Perumdam TKR hampir sama dengan yang dialami PLN, yaitu kelebihan dan kekurangan pencatatan pemakaian oleh pelanggan. Hal itu dipicu karena pada masa pandemi ada kebijakan social distancing yang tidak memungkinkan petugas Perumdam TKR turun langsung ke pelanggan untuk melakukan pencatatan meteran air.

Berita Tangerang, Berita Tangerang Terbaru, Berita Tangerang Terkini, Berita Tangerang Hari Ini, Berita Kabupaten Tangerang, Berita Kabupaten Tangerang Terbaru, Berita Kabupaten Tangerang Terkini, Berita Kabupaten Tangerang Hari Ini: Kembali Raih Peringkat 1 se-Indonesia, Perumdam TKR Siapkan Terobosan Lagi

Kepala Ombudsman Perwakilan Banten Dedy Irsan (kiri) dan Direktur Utama Perumdam TKR Kabupaten Tangerang Sofyan Safar (kanan) saat berdiskusi dengan wartawan, Jumat (26/2/2021). (Foto: Mohamad Romli/TangerangDaily)

“Hal ini yang kemudian menjadi persoalan, sehingga edukasi kepada pelanggan harus terus menerus dilakukan,” katanya.

Dedy menyambut baik solusi yang ditawarkan Perumdam TKR melalui reduksi dan perbaikan rekening. “Kami pikir kedua upaya ini cukup baik dilakukan dan Simpel TKR inovasi yang baik,” tambah Dedy.

Dedy juga mengapresiasi prestasi yang telah diraih Perumdam TKR yang dua kali berturut-turut mendapatkan predikat terbaik se-Indonesia.

“Kami tidak terlalu banyak menerima pengaduan untuk Perumdam Tirta Kerta Raharja Tangerang. Kami melihat pelayanan di Perumdam TKR selama ini sudah cukup baik. Kami mengapresiasi capaian-capaian yang telah diperoleh sebagai PDAM tersehat. Kami berharap, prestasi yang telah diraih berbanding lurus dengan pelayanan yang diberikan dan tidak alergi terhadap pengaduan dari masyarakat,” katanya. (Red/Rom).

LAINNYA