KAI Daop 8 Imbau Penumpang Datang Lebih Awal ke Stasiun Saat Peringatan May Day 2025

waktu baca 2 minutes
Jumat, 2 Mei 2025 16:59 0 Elvira

Surabaya, 30 April 2025 – Dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh pada 1 Mei 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mengimbau seluruh penumpang untuk datang lebih awal ke stasiun. Imbauan ini bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan gangguan lalu lintas yang disebabkan oleh aksi unjuk rasa di beberapa titik pusat kota Surabaya dan sekitarnya.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengungkapkan bahwa pelanggan sebaiknya mengatur waktu keberangkatan dari rumah menuju stasiun, mengingat potensi kepadatan atau pengalihan arus lalu lintas di beberapa lokasi. “Dengan datang lebih awal, pelanggan akan memiliki cukup waktu untuk proses check-in tiket, pemeriksaan identitas, serta menuju peron keberangkatan tanpa terburu-buru,” jelas Luqman. Ia juga mengingatkan agar penumpang tetap waspada terhadap kemacetan di sejumlah ruas jalan menuju stasiun.

Sebagai langkah antisipasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat pada libur May Day, PT KAI Daop 8 Surabaya juga mengoperasikan 3 kereta api tambahan. Kereta api tambahan ini antara lain:

  1. KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng – Yogyakarta, beroperasi pada 1-4 Mei 2025 dengan keberangkatan pukul 22.00 WIB.

  2. KA Arjuno Ekspress relasi Surabaya Gubeng – Malang, beroperasi pada 1-5 Mei 2025 dengan keberangkatan pukul 10.10 WIB.

  3. KA Arjuno Ekspress relasi Malang – Surabaya Gubeng, beroperasi pada 1-5 Mei 2025 dengan keberangkatan pukul 05.30 WIB.

Dengan tambahan tiga kereta api tersebut, PT KAI Daop 8 Surabaya akan mengoperasikan 52 perjalanan kereta api setiap harinya, yang terdiri dari 49 KA reguler dan 3 KA tambahan. Rincian keberangkatan KA di wilayah Daop 8 mencakup 22 KA dari Stasiun Surabaya Gubeng, 18 KA dari Stasiun Surabaya Pasarturi, dan 12 KA dari Stasiun Malang, dengan total kapasitas tempat duduk sebanyak 28.620 per hari.

Luqman juga mengingatkan calon pelanggan untuk merencanakan perjalanan mereka lebih awal dan melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI, situs resmi kai.id, atau kanal resmi penjualan tiket lainnya. Dengan demikian, para penumpang dapat memastikan mendapatkan tiket sesuai dengan kebutuhan.

“KAI Daop 8 berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan dan memastikan perjalanan kereta api berjalan aman, nyaman, dan tepat waktu. Kami berharap semua pelanggan dapat melakukan persiapan lebih awal agar perjalanan tetap lancar dan tidak ada yang tertinggal kereta akibat keterlambatan tiba di stasiun,” tutup Luqman.

Tentang PT KAI Daop 8 Surabaya
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya adalah penyedia jasa transportasi kereta api yang berfokus pada pelayanan terbaik bagi pelanggan di wilayah Surabaya dan sekitarnya.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

LAINNYA