BeritaEkbisSaintekTeknologi

Internet akan Semakin Cepat di Era Starlink Masuk Indonesia

112
×

Internet akan Semakin Cepat di Era Starlink Masuk Indonesia

Sebarkan artikel ini
Perusahaan teknologi informasi milik Elon Musk, Starlink, akan mulai beroperasi di Indonesia mulai Mei 2024. (Foto: X @starlink)
Bagikan:

TEKNOLOGI | TD – Kecepatan internet Tanah Air diperkirakan akan naik tajam begitu Starlink menjalankan operasinya di Indonesia.

Perkiraan tersebut berdasar keberhasilan operasional perusahaan satelit milik Elon Musk ini di Jepang pada kuartal keempat tahun 2023 lalu, menurut informasi dari Katadata, 23 April 2024.

Meskipun akan berbeda tergantung di wilayah mana operasionalnya, Starlink tetap membawa harapan besar agar bisnis operator seluler lokal dapat memperluas jangkauan pelayanan dan juga meningkatkan kualitasnya.

Dalam operasionalnya di Tanah Air, Starlink dikabarkan menjalin kerja sama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dengan menyatu dalam struktur internet yang telah ada.

Ketua Umum APJII Muhammad Arif mengatakan kerja sama antara Indonesia dengan perusahaan teknologi informasi asal Amerika ini akan membawa perubahan signifikan pada wajah industri internet Tanah Air.

Diketahui, Starlink menjagokan teknologi satelit low earth orbit (LEO) yang dapat membantu akses internet di daerah-daerah terpencil yang semula sulit terjangkau.

Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan pada Mei 2024, Starlink akan memulai uji coba layanan internet cepatnya di Indonesia dengan menyasar Ibu Kota Nusantara (IKN) terlebih dahulu.

Bagikan: