Mendunia, Ini 5 Biji Kopi Lokal yang Disukai Penduduk Mancanegara

Menjamurnya kedai kopi di beberapa wilayah Indonesia, membuktikan bahwa kopi semakin banyak digemari oleh berbagai kalangan di Indonesia.
Ilustrasi biji kopi (Foto: Christoph/Pixabay.com)
Bagikan:

GAYA HIDUP | TD — Menjamurnya kedai kopi di beberapa wilayah Indonesia, membuktikan bahwa kopi semakin banyak digemari oleh berbagai kalangan di Indonesia. Indonesia juga dikenal sebagai salah satu negara penghasil biji kopi terbesar di dunia.

Menurut data Organisasi Pangan dan Agrikultur Dunia (FAO), Indonesia dicatat sebagai negara penghasil kopi terbesar keempat pada tahun 2017-2018, setelah negara Brazil, Vietnam, dan Columbia.

Beragam jenis biji kopi asal Indonesia ini, diekspor ke beberapa negara, bahkan tak sedikit penduduk internasional yang menyukai seduhan kopi yang didasari oleh biji kopi asal Indonesia tersebut. Berikut beberapa jenis biji kopi asal Indonesia yang sudah terkenal di mancanegara.

1. Kopi Arabika Gayo

Jenis kopi yang satu ini menjadi salah satu biji kopi terbaik di Indonesia yang berasal dari Aceh. Ditanam di ketinggian sekitar 1200-1700 Mdpl, menjadikan biji kopi ini memiliki rasa asam yang pas dengan tekstur yang encer, sehinggaa jenis kopi ini sangat cocok untuk penikmat kopi yang tidak terlalu menyukai kopi dengan rasa asam yang kuat.

Kopi Arabika Gayo masih disajikan secara tradisional, yakni dengan merebus biji kopi ke dalam wadah panci, lalu disajikan ke dalam tambahan gula dan susu. Karena memiliki after taste yang cenderung lebih bersih, maka kopi Gayo kerap dijadikan sebagai kopi house blend di beberapa kedai kopi.

2. Kopi Arabika Kintamani

Masih dengan jenis kopi yang sama, namun kali ini biji kopinya berasal dari Pulau Bali. Disebut sebagai Kopi Arabika Kintamani, sebab kopi ini ditanam di daerah Kintamani yang berdekatan dengan kebun jeruk, sehingga aroma kopi ini sedikit menyerupai aroma jeruk yang asam dan segar.

Biji kopi ini memiliki ukuran yang berbeda dengan biji kopi arabika yang ditanam didaerah lain, karena biji kopi ini menghasilkan ukuran green bean yang lebih besar.

3. Kopi Arabika Toraja

Kopi Arabika Toraja juga menjadi salah satu jenis biji kopi yang sudah mendunia dan terkenal di beberapa negara, seperti Jepang dan Amerika. Kopi yang berasal dari Tanah Toraja ini ditanam berdampingan dengan tanaman rempah, sehingga menghasilkan biji kopi yang memiliki cita rasa menyerupai kayu manis atau kapulaga. Selain itu, biji kopi ini memiliki warna yang lebih pekat dari jenis biji kopi lainnya, dan memiliki bentuk yang tidak beraturan.

Toarco Toraja merupakan salah satu produk Kopi Arabika Toraja yang dijual oleh perusahaan kopi ternama asal Jepang, Key Coffee, sehingga bagi sebagian warga Jepang, kopi ini sudah tidak asing lagi di lidah mereka.

4. Kopi Robusta Temanggung

Kali ini ada biji kopi yang berasal dari tanah Jawa, tepatnya daerah Temanggung, Jawa Tengah. Kopi ini menjadi andalan di beberapa negara di Eropa, Timur Tengah, serta Amerika Latin dan mampu mengekspor sebanyak 6.000 ton kopi robusta.

Saat diminum, biji kopi robusta ini memiliki aroma tembakau karena disebabkan oleh lokasi penanaman yang berdekatan dengan tanaman tembakau. Sehingga, kopi ini memiliki rasa pahit yang cukup kuat, dan cocok bagi penikmat kopi yang menyukai cita rasa kopi yang pahit.

5. Kopi Liberika Rangsang Meranti

Biji kopi yang berasal dari Riau ini sudah terkenal di negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura, bahkan dua negara ini menjadi pelanggan utama untuk jenis biji kopi ini.

Jenis kopi yang satu ini juga disebut sebagai kopi yang paling aman dikonsumsi untuk lambung, karena memiliki kandungan kafein yang lebih rendah daripada jenis kopi lainnya. Harga jual kopi ini mampu mencapai Rp200 ribu per kilonya. Memang terbilang cukup fantastis, namun soal rasa tentu sudah tidak diragukan lagi.

Nah, itu tadi lima jenis kopi lokal asli Indonesia yang sudah terkenal di mancanegara. Dari kelima jenis biji kopi tersebut, mana yang menjadi favorit Anda? (Ryandita Fadillah/Rom)

Bagikan:

Pos terkait