Sampah Menumpuk di Jalan Juanda Kota Tangerang, DLH: Warga Tidak Tertib

Tumpukan sampah menutupi separuh Jalan Juanda, Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang, Rabu 4 Mei 2022.
Sampah Menumpuk di Jalan Juanda, Kecamatan Batuceper Kota Tangerang, Rabu 4 Mei 2022. (Foto : Eko Setiawan/TangerangDaily)
Bagikan:

KOTA TANGERANG | TD — Tumpukan sampah menutupi separuh Jalan Juanda, Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang, Rabu 4 Mei 2022.

Tumpukan itu disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat. Padahal di lokasi itu sudah disediakan tempat pembuangan sampah.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Yudi Pradana, saat dikonfirmasi mengaku, pihaknya rutin mengangkut sampah di TPS tersebut.

“Sudah koordinasi sih ke wilayah kelurahan ke depannya untuk melakukan transit kita,” ujar Yudi, Rabu 4 Mei 2022.

Ia menyebut perilaku warga yang tidak membuang sampah ke TPS yang menyebabkan menumpuk hingga ke badan jalan.

“Itu kan tidak dimasukan ke TPS nya. Yang pasti kita harus kerjasama, masyarakatnya harus berperan di situ. Tidak hanya mengandalkan kami saja. Kalau pengangkutannya sih sudah,” jelasnya.

Yudi mengatakan, pengangkutan sampah di lokasi itu dilakukan sekali dalam sehari. “Kalau dihitung, volume sampah di sana terangkut dalam sekali angkut, itu kalau warganya tertib mengikuti jam pembuangan,” katanya.

Pantauan di lokasi, beberapa warga membuang sampah menggunakan kantong plastik hingga kantong-kantong besar di tempat itu. Sebagian besar warga datang ke lokasi, lalu melemparkan sampah itu di bahu jalan.

Ashabul, salah satu warga mengaku, dirinya kerap membuang sampah di Jalan lantaran jalan tersebut tidak lagi difungsikan.

“Ya kan suka penuh tempat sampahnya, mau gimana lagi jalannya juga kan sudah enggak dilewat mobil atau motor,” katanya.

Diketahui, Jalan Juanda rusak berat sehingga separuh jalan tidak berfungsi lagi. (Eko Setiawan/Rom).

Bagikan:

Pos terkait