Universitas Pamulang Juara I Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tangsel 2022

Mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam) berhasil menjuarai Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) ke X yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Tangsel.
Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie menyimak pemaparan peserta Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) ke X Tangsel yang digelar di Plaza Pusat Pemerintahan Kota Tangsel, Selasa 24 Mei 2022. (Foto : Ist)
Bagikan:

KOTA TANGSEL | TD — Mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam) berhasil menjuarai Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) ke X yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Tangsel.

Pada lomba yang digelar Rabu, 24 Mei 2022 di Plaza Pusat Pemerintahan Kota Tangsel itu, tim mahasiswa yang melombakan inovasi mesin penembak berhasil meraih skor tertinggi dari dewan juri.

Bacaan Lainnya

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, lomba diikuti 29 tim. “Peserta yang lomba terdaftar hingga akhir masa pendaftaran yaitu 29 tim, terdiri dari 27 peserta dari kategori umum/mahasiswa dan 2 peserta dari kategori pelajar. Dari 29 peserta, hanya 16 tim yang berhasil lolos maju ke tahap kedua lomba,” ujarnya Rabu 25 Mei 2022.

Benyamin menerangkan kegiatan tersebut melombakan teknologi yang tepat guna yang dikembangkan secara tradisional serta sederhana.

”Kemudian proses pengenalannya banyak ditentukan oleh keadaan lingkungan, potensi lokal, dan masyarakat di daerahnya. Suatu teknologi baru dikatakan sebagai teknologi yang tepat guna jika memenuhi kriteria-kriteria,” katanya.

Dalam Lomba TTG, kata Bang Ben, sapaan akrab Wali Kota Tangsel itu, teknologi tersebut harus memenuhi kriteria tertentu, kemudian ketika diaplikasikan dapat menjadi solusi permasalahan di masyarakat.

“Misalnya, dapat digunakan oleh sumber-sumber yang tersedia di banyak tempat, cocok dengan kondisi sosial ekonomi, mudah dipelajari, digunakan dan dapat dipelihara oleh masyarakat,” katanya.

Para peserta memamerkan keunggulan konsepnya masing-masing. Mereka yaitu mahasiswa Universitas Pamulang (UNPAM), Institut Teknologi Indonesia (ITI), Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Institut Teknologi Tangerang Selatan (ITTS), Pos Pelayanan Teknologi Posyantek) Kecamatan Setu. Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Kecamatan Serpong Utara, dan Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tangerang Selatan.

Tim Universitas Pamulang hasil penilaian dewan juri berhasil meraih posisi juara I dengan judul inovasi Mesin Penembak dengan hadiah sebesar Rp10 juta.

Sementara Juara II diraih oleh Tim Romi Fadli dari Institut Teknologi Tangerang Selatan dengan judul inovasi Sistem RT/RW Digital, dan mendapatkan hadian uang tunai Rp8 juta.

Kemudian, Juara III diraih oleh Tim Dendy Franeza dari Institut Teknologi Indonesia dengan judul inovasi Alat Pengatur Suhu Ruang Fermentasi Tempe, dmendapatkan hadiah berupa piala, piagam dan uang pembinaan sebesar Rp6 juta. (Idris Ibrahim/Red)

Bagikan:

Pos terkait