Puncak Arus Balik, ini 3 Skenario Lalu Lintas di Jalan Tol Tangerang-Merak

Polda Banten memprediksi puncak arus balik pemudik akan terjadi hingga Rabu, 11 Mei 2022.
Ilustrasi lalu lintas di jalan tol (TangerangDaily)
Bagikan:

SERANG | TD — Polda Banten memprediksi puncak arus balik pemudik akan terjadi hingga Rabu, 11 Mei 2022.

Hingga Jumat, 6 Mei 2022, tercatat 758.094 dari 1.084.202 pemudik telah kembali dari Sumatera ke pulau Jawa melalui Pelabuhan Merak, Banten.

Bacaan Lainnya

Dari jumlah tersebut, tersisa 326.108 pemudik yang diprediksi akan kembali pada hari ini, Sabtu 7 Mei 2022 hingga Rabu 11 Mei 2022.

Mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas saat puncak arus balik tersebut, Polda Banten telah menyiapkan tiga skenario.

Kapolda Banten Inspektur Jenderal Rudy Heriyanto Adi Nugroho mengatakan, tiga skenario tersebut sama dengan saat arus mudik, yaitu pada saat situasi normal atau hijau, situasi padat atau kuning hingga situasi macet total berkepanjangan atau merah.

“Pada situasi kuning, rekayasa lalin diarahkan pada contra flow dengan memberdayakan 2 lajur jalan tol arah merak untuk digunakan pengendara arus balik arah Jakarta,” jelas Kapolda, Sabtu 7 Mei 2022.

Khusus untuk menghadapi situasi merah, Polda Banten akan mengalihkan arus lalin menuju Gerbang Tol Cikupa ke gerbang tol sebelumnya, baik di Balaraja Timur, Balaraja Barat juga gerbang tol lainnya sesuai kebutuhan, kendaraan dialihkan ke jalur arteri.

Selanjutnya untuk mengurai kepadatan kendaraan di pintu Tol Merak dan Tol Cikupa saat puncak arus balik Polda Banten sudah berkoordinasi dengan pihak pengelola tol untuk menambah petugas tol yang dapat jemput bola untuk melakukan tap kartu tol kendaraan yang mengantri.

“Dengan demikian diharapkan pelayanan pembayaran online di gerbang tol berjalan lebih cepat sehigga kepadatan lebih cepat terurai,” tambah Kapolda Banten.

Kemudian, untuk pemudik yang akan beristirahat di rest area, Kapolda mengimbau untuk memperhatikan kapasitas rest area tersebut.

“Jika kapasitas rest area penuh, maka akan dilakukan buka tutup akses masuk sehingga tidak berdampak munculnya penyempitan jalur pada jalan tol, dan mengimbau agar pengendara maksimal istirahat 1 jam untuk kemudian lanjutkan perjalanan,” katanya.

Pantauan Kapolda untuk kondisi lalu lintas pada arus balik pemudik di Jalan Tol Tangerang-Merak pada Sabtu, 7 Mei 2022, belum tampak terjadi peningkatan volume kendaraan.

“Seperti yang terlihat kasat mata, belum terjadi peningkatan pemudik di rest area, baik untuk istirahat maupun untuk belanja dan kepentingan lainnya,” kata Kapolda Rudy. (Red)

Bagikan:

Pos terkait