Posko Pengaduan THR Kota Tangerang Dibuka hingga 29 April

Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang membuka posko pengaduan soal pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) untuk buruh hingga 29 April 2022.
Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Ujang Hendra. (Foto : Humas Pemkot Tangerang)
Bagikan:

KOTA TANGERANG | TD Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang membuka posko pengaduan soal pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) untuk buruh hingga 29 April 2022.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Ujang Hendra mengatakan posko itu sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan tentang pembayaran THR oleh perusahaan. “Berdasarkan surat edaran Menaker itu, perusahaan wajib membayar THR secara penuh paling lambat tujuh hari sebelum Lebaran,” kata Ujang, Jumat 15 April 2022.

Bacaan Lainnya

Ujang berharap perusahaan tidak menghilangkan kewajibannya membayar THR. Di Kota Tangerang wajib lapor ketenagakerjaan dan berdasarkan data terdapat sekitar 8.000 perusahaan dalam kategori makro dan mikro dengan jumlah pegawai per April 2022, pekerja laki-laki sebanyak 177.813 dan perempuan ada 81.460.

Ujang mengatakan buruh yang mengalami perselisihan atau keluhan soal pembayaran THR dapat melapor ke posko itu. “Hingga kini belum ada laporan yang diterima Disnaker Kota Tangerang tentang pembayaran THR,” ujarnya.

Disnaker Kota Tangerang, pada tahun lalu, menerima 21 aduan. Semua laporan itu diselesaikan lewat proses mediasi antara buruh dan perusahaan.

Ujang mengatakan perusahaan yang melanggar aturan pembayaran tunjangan hari raya ini akan dikenakan sanksi denda 5 persen dari total THR yang dibayarkan.

Ujang juga mengatakan perusahaan yang mengalami keterlambatan pemberian THR harus memberikan keterangan. Misalnya dengan menunjukkan bukti tidak mampu membayar tepat waktu berdasarkan laporan keuangan yang transparan. Hasil kesepakatan dengan pekerja wajib dilaporkan kepada disnaker. (Faraaz/Rom)

Bagikan:

Pos terkait