Jembatan Cisadane Segera Dibongkar, Arus Lalu lintas Dialihkan

Jembatan Cisadane di Jalan Raya Merdeka, Kota Tangerang akan dibongkar seiring dengan usia kontruksinya yang sudah tua. Pembongkaran jembatan akan dilakukan secara bertahap.
Kondisi Jembatan di atas sungai Cisadane, Jalan Merdeka, Kota Tangerang, Senin 25 Juli 2022. (Foto : Eko Setiawan/TangerangDaily)
Bagikan:

KOTA TANGERANG | TD Jembatan Cisadane di Jalan Raya Merdeka, Kota Tangerang akan dibongkar seiring dengan usia kontruksinya yang sudah tua. Pembongkaran jembatan akan dilakukan secara bertahap.

Kepala Bidang Binamarga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tangerang Muhammad Iksan mengatakan, jembatan yang pertama akan dibongkar yakni yang di lajur Jalan Kali Pasir Indah menuju Jalan Raya Merdeka, kemudian di lanjutkan jembatan di sisi sebelahnya.

“Cuma ada perubahan jadwal. Kami masih mennunggu alat beratnya sampai dulu,” ujarnya, Senin 25 Juli 2022.

Pantauan TangerangDaily di lokasi, jembatan pada sisi kanan dari Jalan Kali Pasir Indah ke Jalan Merdeka sudah dipagar dengan seng. Namun, masih dapat dilalui oleh kendaraan.

Jembatan itu kata Iksan akan dibongkar kemudian diganti dengan infrastruktur baru. Rekayasa lalu lintas pun telah disiapkan, yakni dengan memfungsikan looping Gerendeng.

Iksan mengaku belum mengetahui jangka waktunya pelaksanaanya. Sebab, belum ada informasi lebih lanjut dari Kementerian PUPR.

“Masih tentative, mungkin setahun pelaksanaannya,” tuturnya.

Diketahui, pergantian jembatan ini merupakan program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang akan mengganti dan atau menduplikasi sebanyak 37 Jembatan Callender Hamilton (CH) di Pulau Jawa yang rata-rata berusia 40 tahun. Hal ini menyusul telah ditandatanganinya proyek Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yaitu PT Baja Titian Utama.

Kota Tangerang mendapat jatah 3 jembatan, 2 jembatan yakni di Jalan Merdeka di sisi kanan dan kiri. Kemudian, jembatan di jalan Pembangunan 3, tepatnya di persimpangan lampu merah antara Jalan Jenderal Sudirman, Daan Mogot dan Pembangunan 3.

“Untuk jembatan di sana (Jalan pembangunan 3) belum dilakukan. Mungkin masih dalam perencanaan,” pungkas Iksan. (Eko Setiawan/Rom)

Bagikan:

Pos terkait