Hendra, Kwarcab Pramuka Tangerang Raih Penghargaan Lencana Pancawarsa II

Andalan Kwartir Cabang Praja Muda Karana (Kwarcab Pramuka) Kabupaten Tangerang Hendra meraih penghargaan Lencana Pancawarsa II dari Kwarda Banten atas kesetiaannya sebagai anggota Pramuka.
Andalan Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang Hendra saat meraih penghargaan Lencana Pancawarsa II dari Kwarda atas kesetiaan sebagai anggota Pramuka, Minggu, 28 Agustus 2022. (Foto : Istimewa)
Bagikan:

KABUPATEN TANGERANG | TD Andalan Kwartir Cabang Praja Muda Karana (Kwarcab Pramuka) Kabupaten Tangerang Hendra meraih penghargaan Lencana Pancawarsa II dari Kwarda Banten atas kesetiaannya sebagai anggota Pramuka.

Penyematan penghargaan diberikan oleh Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Al Muktabar bersama Kak Masduki pada upacara peringatan HUT Gerakan Pramuka ke-61 oleh Kwarda Banten di alun-alun Kramatwatu Kabupaten Serang, Minggu, 28 Agustus 2022.

Bacaan Lainnya

Lencana Pancawarsa merupakan tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota dewasa Gerakan Pramuka, sebagai penghargaan atas kesetiaannya kepada organisasi dan keaktifannya selama lima tahun atau kelipatannya secara terus-menerus.

“Terimakasih Kak Kwarda dan Kak Kwarcab Tangerang atas penghargaan ini. Penghargaan ini suatu kehormatan dan menjadi motivasi untuk saya lebih bermanfaat bagi Gerakan Pramuka. Meskipun penghargaan bukan tujuan saya, ikut kegiatan Pramuka adalah jalan bagi saya untuk mengabdi kepada bangsa dan negara, serta untuk ikut serta membangun masyarakat,” kata Hendra.

Bersama dengan Hendra sebanyak 24 anggota Pramuka dari tingkat Siaga, Andalan hingga Pembina mendapatkan penghargaan Melati, Dharma Bakti, Karya Bakti, Panca Warsa hingga Siaga Teladan.

Di antara mereka adalah Ketua Kwarda Banten Kak Septo Kalnadi meraih penghargaan Melati. Ketua Kwarcab Serang Kak Pandji Tirtayasa dan Ketua Kwarcab Tangerang Selatan Wahyunoto Lukman.

Pada Jumat 26 Agustus 2022 Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang juga Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang menerima penghargaan sebagai Mabicab Peduli dari Kwarnas dan Kwarda Banten Gerakan Pramuka.

Zaki menghadiri upacara peringatan HUT Gerakan Pramuka ke-61 yang dipimpin Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Yuniar Ludfi, di halaman Kitri Bakti Curug.

Zaki selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang mengucapkan terima kasih atas segala dukungan sehingga Pramuka Kabupaten Tangerang dapat terus berkarya dan berkembang

Zaki Iskandar juga menegaskan bahwa kegiatan Pramuka adalah kegiatan yang membangun karakter generasi penerus bangsa yang memiliki jiwa patriot, ksatria dan selalu berpegang kepada Pancasila serta UUD 1945.

Pada peringatan HUT Pramuka ke-61 tersebut, Kwarcab Tangerang juga mencanangkan berbagai program kegiatan dan kerjasama, yakni pembentukan Gugus Darma, rintisan Kampung Pramuka di Desa Buniayu, launching Kitri Cafe dan kerjasama Kwarcab Tangerang dengan Asosiasi Perajin Tangerang.

“Ini merupakan buah pikiran dari Kakak Masduki dan Kakak Kwarcab Rudi Maesyal untuk kemudian nanti kita ciptakan kampung-kampung Pramuka di beberapa desa lainnya,” jelas Ketua Mabicab.

Kak Zaki Iskandar berharap berbagai pencanangan yang dilakukan Kwarcab Kabupaten Tangerang tersebut nantinya menjadi sarana edukasi dan alternatif wisata alam serta promosi berbagai hasil kerajinan tangan hasil kreativitas anak-anak kader Pramuka dan masyarakat luas.

Di Kitri Bhakti, penghargaan Lencana Melati juga diberikan kepada Kak Moch. Maesyal Rasyid selaku Ketua Kwarcab Kabupaten Tangerang, Lencana Dharma Bakti diberikan kepada Dadang Sudrajat, Lencana Pancawarsa Tiga kepada Ratih Rahmawati, Lencana Pancawarsa Satu diberikan kepada Hadiyanto Ketua Mabiran Kemiri, Yandri Permana Ketua Mabiran Jayanti.

Selanjutnya juga dilakukan penyematan lencana berupa Siaga Garuda yang diberikan kepada Hafiz Ramadhan, Penggalang Garuda diberikan kepada Lisati Amalia Darmawan, Penegak Garuda diberikan Febrian Zulfikarsyah, Pandega Garuda diberikan kepada Rahmi Diani. (Red)

Bagikan:

Pos terkait