Harga Cabai di Pasar Kota Tangerang Turun

Setelah mengalami lonjakan harga yang cukup tinggi, harga cabai di sejumlah pasar Kota Tangerang terpantau berangsur turun, Kamis 14 Juli 2022.
Pedagang cabai di pasar Kota Tangerang (Foto : Humas Pemkot Tangerang)
Bagikan:

KOTA TANGERANG | TD — Setelah mengalami lonjakan harga yang cukup tinggi, harga cabai di sejumlah pasar Kota Tangerang terpantau berangsur turun, Kamis 14 Juli 2022.

Turunnya harga cabai terjadi setelah pasokan melimpah dengan kondisi cuaca yang mulai bersahabat. Harga cabai sempat menembus sebelumnya Rp120 ribu per kg. Saat ini dikisaran Rp80 ribu per kg.

Bacaan Lainnya

Diretur Utama PD Pasar Kota Tangerang, Titien Mulyani mengungkapkan pantauan harga cabai di Pasar Anyar untuk jenis cabai merah keriting turun dari Rp120 ribu menjadi Rp90 ribu per kg, cabai rawit merah turun dari Rp120 ribu menjadi Rp100 ribu kg, cabai rawit hijau turun dari Rp100 ribu menjadi Rp 85 ribu per kg. sedangkan untuk cabai merah besar masih dalam kondisi kosong di Pasar Anyar.

“Begitu juga dengan pasar lainnya, seperti Malabar, Ramadhani, Bandeng, Pasar Laris dan lainnya, semua terpantau berangsur turun dengan kisaran Rp10 ribu hingga Rp25 ribu. Semoga beberapa hari kedepan bisa terus turun harganya, hingga kembali normal,” ungkap Titien.

Kata Titien, memang ada dinamika harga saat hari Raya Idul Adha. Kondisi tersebut karena momentum tahunan seperti halnya saat Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru. Namun, kondisi kali ini diiringi dengan cuaca buruk di wilayah para petani. Sehingga, harga yang sampai penjual sudah semakin tinggi.

“Sebelumnya, PD Pasar sudah berkoordinasi dengan jajaran Kemenpan. Alhamdulillah penurunan harga sudah terjadi hari ini semoga segera normal. PD Pasar, DKP dan Disperindagkop UKM pastinya terus berkoordinasi, untuk melakukan pengawasan, koordinasi dan pengecekan ke pasar-pasar, khususnya Pasar Induk Tanah Tinggi sebagai pemasok. Mengindari oknum-oknum yang memainkan harga, disaat kondisi seperti ini,” tegasnya.

Ia pun mengimbau, masyarakat untuk lebih bijakasana dalam berbelanja. “Salah satunya, masyarakat bisa pantau perubahan harga komoditi pasar, tak terkecuali harga cabai melalui aplikasi Tangerang LIVE melalui fitur Segar, untuk melihat harga paling terjangkau di pasar mana,” imbaunya. (Red)

Bagikan:

Pos terkait