hpn2024
BandaraBerita

Dukung MotoGP Mandalika, Airnav Indonesia Lakukan ini

334
×

Dukung MotoGP Mandalika, Airnav Indonesia Lakukan ini

Sebarkan artikel ini
AirNav Indonesia telah mempersiapkan sejumlah bentuk dukungan untuk menyukseskan perhelatan MotoGP Mandalika 2022 yang akan digelar di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada tanggal 18 – 20 Maret 2022 mendatang.
Polana B Pramesti resmi dilantik sebagai Direktur Utama Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (AirNav Indonesia), Jumat 21 Januari 2022. (Foto: AirNav Indonesia)
Bagikan:

BANDARA | TD — AirNav Indonesia telah mempersiapkan sejumlah bentuk dukungan untuk menyukseskan perhelatan MotoGP Mandalika 2022 yang akan digelar di Lombok, Nusa Tenggara Barat pada tanggal 18 – 20 Maret 2022 mendatang.

Direktur Utama AirNav Indonesia, Polana Banguningsih Pramesti menyatakan, bentuk dukungan untuk memastikan rangkaian seri kedua MotoGP 2022 tersebut berjalan aman dan lancar, di antaranya dengan memberikan dukungan pelayanan navigasi penerbangan dan sosialisasi larangan pengoperasian pesawat udara tanpa awak (PUTA) atau lebih dikenal masyarakat dengan istilah drone tanpa izin di wilayah penyelenggaraan kegiatan.

“AirNav telah mempersiapkan sejumlah dukungan untuk perhelatan MotoGP Mandalika 2022 ini sejak tahun lalu,” ujarnya Rabu 8 Maret 2022.

Polana menyebutkan, bentuk dukungan mulai dari pembuatan prosedur helikopter dari dan ke Sirkuit Mandalika, pemasangan ILS di Runway Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok (Bandara Lombok) yang telah diperpanjang dari 2.750 meter menjadi 3.300 meter, penerapan Performance-Based Navigation (PBN) di ruang udara Lombok. “Dan pengaturan slot penerbangan yang fleksibel untuk sejumlah penerbangan tambahan (extra flight) dari dan ke Bandara Lombok,” ujar Polana.

MotoGP Mandalika 2022 merupakan sebuah gelaran yang mencuri perhatian banyak pihak. Oleh karenanya, kata Polana, potensi gangguan teknis selama pelaksanaan event tersebut juga harus mendapatkan perhatian khusus, yaitu melarang drone liar beroperasi di sekitar sirkuit Mandalika.

Airnav tidak akan mengeluarkan surat rekomendasi pengoperasian dro penyelenggaraan event motor GP Mandalika 2022. Rekomendasi drone hanya diberikan kepada pihak penyelenggara.

“Untuk alasan keselamatan dan kelancaran kegiatan, Airnav Indonesia  pengoperasian drone untuk kepentingan apapun telah dilarang kecuali bagi pihak penyelenggara,” kata Polana.

AirNav Indonesia hadir dengan komitmen untuk memastikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan operasional penerbangan di ruang udara Indonesia, termasuk dan khususnya di ruang udara Lombok selama penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022.

AirNav terus menjalin komunikasi dan kerjasama dengan para stakeholder penerbangan dalam menjalankan perannya sebagai satu-satunya penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan di Indonesia, termasuk dengan Otoritas Bandar Udara, TNI, Polri, Kepala Daerah, dan komunitas pemuda daerah.

“Mata dunia sedang tertuju pada Indonesia saat ini. MotoGP adalah event internasional yang sangat bergengsi. Kita patut bangga dapat dipercaya menjadi tuan rumah. Untuk itu, kita harus memanfaatkan kesempatan ini untuk membuktikan bahwa kita bisa dan siap mensukseskan event tersebut. Yang pasti, AirNav siap menjalankan perannya,” kata Polana. (Faraaz/Rom)

Bagikan: